Sekda Ridwan Serahkan Hewan Kurban di Masjid Al Munawarah, Desa Jembatan Merah | DAILYPOST.ID
Daerah

Sekda Ridwan Serahkan Hewan Kurban di Masjid Al Munawarah, Desa Jembatan Merah

DAILYPOST.ID, Gorut – Jelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah/2020 Masehi, Sekda Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin menyerahkan secara simbolis sapi kurban dari Pemda Gorut di Desa Jembatan Merah, Kecamatan Tomilito, Rabu (29/7/2020).

Hewan kurban ini, diterima oleh Takmirul Masjid Al Munawarah Desa Jembatan Merah.

Di kesempatan tersebut, Sekda Ridwan juga mengatakan bahwa untuk memutus mata rantai penularan Covid 19 di tengah-tengah masyarakat, maka kegiatan pemotongan hewan kurban di masa Pandemi Covid 19 tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Saat penyembelihan hingga pembagian daging kurban nanti, kami harap panitia kurban tetap pada protokol kesehatan. Demikian juga bagi warga penerima, kami harap tidak lupa memakai masker dan jaga jarak,” kata Ridwan.

Sekda Ridwan juga memastikan, hewan-hewan kurban yang diserahkan dari Pemda Gorut merupakan hewan yang sehat dan terhindar dari Antrax.

Beberapa waktu lalu, OPD terkait, dalam hal ini Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Nakeswan) juga telah menjelaskan bahwa setiap hewan yang dikurbankan, khususnya yang berasal dari luar daerah harus melalui memiliki dokumen bebas antrax.

“Ya, kami minta surat pengantar, yang menyatakan hewan tersebut bebas dari penyakit antrax,” kata Kadis Nakeswan, Asrin Umenu.

Di waktu yang sama, Kepala Seksi Kesmavet pengelohan dan pemasaran, drh. Yeni Retno Wati, mengungkapkan pemeriksaan hewan kurban, melalui 2 tahapan pemeriksaan antemortem (Sebelum penyembelihan) dan post Mortem (setelah penyembelihan).

“Jadi prosedurnya sangat selektif,” tegas drh. Yeni. (daily02)

Comments

Popular Post

To Top
%d blogger menyukai ini: