Waktu Pelaksanaan Wisuda Diundur, Begini Penjelasan Pimpinan UG | DAILYPOST.ID
Advetorial

Waktu Pelaksanaan Wisuda Diundur, Begini Penjelasan Pimpinan UG

DAILYPOST.ID – Penyelenggaraan Wisuda Universitas Gorontalo (UG) tahun 2020 diundur pelaksanaannya menjadi tanggal 15 Agustus 2020. Sebelumnya, pelaksanaan wisuda UG tahun ini dipastikan dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2020, bertepatan dengan Milad Kampus.

Namun dikarenakan pertimbangan- pertimbangan tertentu sehingga akhirnya para pimpinan universitas sepakat mengundur waktu pelaksanaan wisuda pada tanggal 15 Agustus 2020 mendatang.

Demikian disampaikan Rektor UG, Dr. Ibrahim Ahmad, SH., MH. Dirinya mengatakan bahwa mundurnya pelaksanaan wisuda bukan tanpa sebab.

“Ada beberapa pertimbangan- pertimbangan. Sebelumnya dalam kalender akademik itu pelaksanaan wisuda itu di bulan September. Tetapi kalau memungkinkan kita laksanakan bersama dengan milad kampus. Namun upaya-upaya ke arah itu sudah kita lakukan tapi target ke tanggal 10 Juli itu tidak tercapai karena memang ada beberapa kendala,” jelas Ibrahim.

Sementara itu, Wakil Rektor 2 UG, Dr. Hj. Julie Abdullah, SE.Ak.,M.Ak, CA menambahkan, tidak ada penundaan dalam pelaksanaan wisuda UG tahun ini. Hanya saja, terjadi pergeseran kalender akademik yang tak terduga diakibatkan oleh Pandemi Covid-19 selama tiga bulan terakhir, sehingga menjadikan beberapa proses akademik berhenti.

“Kondisi yang tidak bisa saya tetapkan untuk wisuda secepat itu disebabkan pergeseran kalender akademik. Dimana kemarin kan ada ketentuan kita harus di rumah saja. Waktu itu belum ada proses daring yang ditetapkan oleh permendikbud atau pemerintah, waktu itu memang betul-betul libur, nah sehingga pergeseran itu yang tidak menjadikan beberapa proses akademik berjalan,” ungkap Julie.

Menurutnya, jika seandainya tidak terjadi pandemi dan pergeseran waktu libur tersebut, maka rencana kampus untuk melaksanakan Wisuda pada tanggal 10 Juli bertepatan dengan milad kampus akan berjalan dengan baik.

“Berdasarkan jadwal kalender akademik, dari bulan November sampai bulan Juli itu proses daripada proposal hingga berakhirnya skripsi. Di Februari itu mereka sudah selesai penelitian, berarti sudah selesai proses proposal dengan penelitian. Tapi di saat proses penelitian sementara berlangsung di situlah terjadi pandemi dan kita diliburkan, proses libur itu panjang dan otomatis aktivitas mahasiswa, dosen bahkan civitas UG itu berhenti total karena PSBB,” tuturnya.

Untuk itu, lanjut Julie, pihak UG saat ini berencana akan menggelar wisuda pada tanggal 15 Agustus 2020. Dan untuk menyukseskan penyelenggaraan wisuda tahun ini, pihak kampus sudah membentuk standar operasional dan persiapan- persiapan teknis lainnya.

“Kita lakukan tanggal 15 Agustus insha Allah ke depan mudah-mudahan tidak ada kendala. Sebagai salah satu pergerakan untuk supaya kita serius di tanggal 15 itu, kita sudah membentuk standar operasional daring, kemudian yang kedua adalah kita sudah melakukan pembentukan panitia kemudian ada persiapan-persiapan yang teknis misalnya persiapan untuk ijazah, verifikasi data dan sebagainya Itu sudah dilakukan sekarang,” pungkas Julie.

Julie mengungkapkan bahwa pelaksanaan wisuda Universitas Gorontalo akan digelar secara daring, atau disesuaikan berdasarkan ketentuan protokol kesehatan. (Daily08)

Comments

Popular Post

To Top
%d blogger menyukai ini: