Diperta Gelar Bimtek Nurseri Aneka Sayuran Dengan Teknologi Soilblock

Avatar

DAILYPOST.ID , Probolinggo – Dinas Pertanian (Diperta) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) nurseri aneka sayuran dengan teknologi soilblock di Kelompok Tani Rowo Makmur Satu Desa Sumber Kedawung Kecamatan Leces, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan yang dipimpin oleh Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Diperta Kabupaten Probolinggo drh Faiq El Himmah ini diikuti oleh 50 orang dari Kelompok Tani Rowo Makmur Satu Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces.

Selama kegiatan mereka dipandu oleh narasumber terdiri dari Wasis Hartono selaku praktisi bawang merah, Syaifudin Malik dari Unit Pelaksana Teknis Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (UPT PSB TPH) Provinsi Jawa Timur, Diko selaku penyedia nurseri soilblock serta Nurlaili dari Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian RI.

Kepala Diperta Kabupaten Probolinggo Mahbub Zunaidi melalui Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian drh Faiq El Himmah mengatakan kegiatan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kualitas dan produksi bawang merah di Kabupaten Probolinggo.

“Selain itu mendorong penggunaan benih bawang merah berkualitas untuk meningkatkan produktivitas dan profit petani bawang merah serta meningkatkan sumber daya manusia dalam hal ini petani,” katanya.

Melalui kegiatan ini Faiq mengharapkan semoga bantuan dari Kementerian Pertanian RI berupa nurseri dan sarana perbenihan dapat bermanfaat bagi Kelompok Tani Rowo Maksur Satu Desa Sumberkdawung Kecamatan Leces pada khususnya dan Kabupaten Probolinggo pada umumnya.

“Mudah-mudahan bantuan nurseri dan sarana perbenihan ini dapat menjaga pertanian berkelanjutan, meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat Kabupaten Probolinggo pada umumnya,” pungkasnya.

Pewarta : Mayapadha Pasopati

Bagikan ke:   
Exit mobile version