Dishub Provinsi Gorontalo Canangkan Hari Perhubungan Nasional 2024, Dorong Kemajuan Transportasi dan Sinergitas Stakeholder

Riski Kakilo
Kegiatan Pencanangan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2024, bertempat di Lapangan Taruna Gorontalo, Minggu (15/09/2024) (Foto: Istimewa).

DAILYPOST.ID   Gorontalo – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Gorontalo lakukan pencanangan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024. Kegiatan yang digelar di Lapangan Taruna Gorontalo itu turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim, para OPD, Dishub Provinsi dan Kabupaten/Kota di Gorontalo, Minggu (15/09/2024).

Dalam sambutanya, Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Sofian Ibrahim mengatakan bahwa peringatan Hari Perhubungan Nasional haruslah dimaknai dengan dalam oleh seluruh Insan Perhubungan di dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam sektor perhubungan.

“Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali apa yang telah di kontribusikan untuk bangsa dan negara,” tutur Sofian.

Lebih lanjut, Sofian mengatakan bahwa untuk untuk mewujudkan transportasi maju kiranya dapat di maknai agar transportasi semakin melesat dengan merangkul bersama semua stakeholder untuk mencapai tujuan bersama.

“Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kembali gairah pertumbuhan sektor perhubungan Indonesia dan khususnya di Provinsi Gorontalo, dimana seperti kita ketahui bahwa peranan transportasi memiliki peran yang sangat strategis sebagai urat nadi dalam keberhasilan pembangunan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Disamping itu, Kepala Dishub Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro mengatakan bahwa hingga sekarang infrastruktur di sektor perhubungan yang ada di Provinsi Gorontalo memiliki kemajuan yang siginifikan baik perhubungan udara, darat hingga laut.

“Misalnya di perhubungan udara yang pada bulan Mei tahun 2024 telah diresmikan bandara Pohuwato oleh Presiden RI, Joko Widodo, sehingganya sekarang sudah ada 2 bandara udara yang beroprasi di Provinsi Gorontalo,”jelasnya.

Sementara untuk perhubungan laut kata Jamal Nganro, baik di pelabuhan Gorontalo, pelabuhan Kwandang, dan pelabuhan Tilamuta sudah ada layanan kapal Tol laut yang sangat membantu masyarakat, Tidak hanya sampai disitu, pada tahun 2023 telah dilakukan perpanjangan dermaga Tilamuta yang sangat memabantu masyarakat.

“Kita juga saat ini menjadi salah satu pelabuhan di Indonesia yang menjadi percontohan, sementara untuk pengembangannnya dengan kegiatan kerjasama pemerintah dengan badan usaha yaitu adalah pelabuhan anggrek ,” jelasnya.

Terakhir kata Jamal, di sektor transportasi darat, pihaknya tengah melakukan pembangunan terminal Tipe B Limboto, yang dimana direncanakan terminal tersebut akan sangat menarik karena pelayanan diterminal tersebut nantinya akan terasa seperti bandara.

“Tentu keberadaan ini semua berkat kerja keras kita semuannya, baik kita yang ada di Provinisi maupun teman-teman perhubungan yang ada di Kabupaten/Kota,” pungkas Kadishub Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro.

Diketahui dalam pencanangan Harhubnas tahun 2024 yang mengsusung tema “Transportasi Maju Nusantara Baru” itu diwarnai berbagai kegiatan mulai dari jalan sehat, senam, donor darah, sosialisasi keselamatan transportasi oleh unsur perhubungan darat, laut, udara, jasa raharja dan dirlantas polda – pemberian bantuan kepada panti asuhan dan purna tugas perhubungan.

Share:   
Exit mobile version