Bantuan Alat Musik Gamelan Diserahkan Bupati Surya kepada DPD PKB Pujakesuma Asahan

Bupati Asahan menyerahkan alat musik gamelan kepada Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan di Joglo DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan, Kamis (22/9/2022).

DAILYPOST.ID , Asahan – DEWAN Pimpinan Daerah Paguyuban Keluarga Besar (DPD PKB) Pujakesuma Kabupaten Asahan menerima alat musik gamelan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan.

Bantuan alat musik gamelan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Asahan Surya kepada Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto di Joglo DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan, Kamis (22/9/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Supriyanto mengatakan, alat musik gamelan ini telah dipesan sejak bulan Juni 2022 dengan jumlah sebanyak 28 item.

Ia juga berharap, agar DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan dapat berkontribusi terhadap pelestarian budaya.

“Karena, ini bagian dari upaya untuk mendukung pemajuan, pemeliharaan serta pengembangan kebudayaan yang ada, sesuai dengan amanat undang-undang dan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan,” ucapnya.

Ditempat yang sama, Ketua DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan Rianto mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah memberikan alat musik gamelan kepada DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan.

“Dimana, alat musik gamelan ini telah lama ingin kami miliki,” ucapnya.

Ia juga berharap, agar Pemkab Asahan dapat terus mendukung program DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan dalam melestarikan seni budaya etnis Jawa di Kabupaten Asahan.

“DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan akan selalu berkoordinasi dengan OPD terkait dalam mengembangkan seni budaya etnis Jawa di Kabupaten Asahan,” cetusnya.

Sementara itu, Bupati Asahan Surya menyampaikan, melestarikan seni budaya di Kabupaten Asahan merupakan tanggungjawab Pemkab Asahan dan masyarakat Kabupaten Asahan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dalam melestarikan seni budaya di Kabupaten Asahan, Pemkab Asahan bekerjasama dengan Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat (Forkala) Kabupaten Asahan menggelar Pagelaran Seni Budaya Daerah (PSBD) Kabupaten Asahan yang diikuti oleh setiap etnis yang ada di Kabupaten Asahan.

“Dan, pada tahun 2023, PSBD rencananya akan dilaksanakan. Diharapkan setiap etnis dapat menampilkan seni budaya yang dimiliki pada PSBD nantinya, sehingga dapat dilihat oleh masyarakat Kabupaten Asahan, sehingga seni budaya yang kita miliki tetap terjaga kelestariannya,” harapnya.

Selain itu, ia meminta kepada Ketua Forkala Kabupaten Asahan untuk menyampaikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Asahan tentang tari gubang dan senandung telah resmi menjadi seni budaya milik Kabupaten Asahan.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian kejutan berupa upah-upah dari DPD PKB Pujakesuma Kabupaten Asahan kepada Bupati Asahan yang akan menunaikan ibadah umrah dalam waktu dekat ini. (Daily/Wanty)

Bagikan ke:   
Exit mobile version