Miliki Peran Strategis, Inspektorat Kabgor Diminta Perketat Pengawasan

Dailypost.id
Wabup Hendra saat menyematkan kartu nama peserta workshop. Foto: Siswoyo Patingki

DAILYPOST.ID , Kabgor – Inspektorat Kabupaten Gorontalo (Kabgor) diminta agar memperketat pengawasan di internal pemerintahan. Telebih dalam hal mewujudkan visi dan misi pemerintah daerah.

Pesan itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Gorontalo, Hendra Hemeto ketika membuka workshop peningkatan kapasitas terkait pelaksanaan review dokumen perencanaan dan sistem keuangan desa (siskeudes), Senin (15/03/2021).

Di kesempatan itu, Wabup Hendra juga menyampaikan materi tentang pendampingan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Ia menjelaskan, pendampingan tersebut sangat penting karena Inspektorat merupakan instansi pengawasan internal pemerintahan yang memiliki peran strategis.

“Semakin berkembang dan kritisnya masyarakat, maka dari itu pemerintah didorong untuk meningkatkan kualitas pekerjaan, serta pelayanannya lebih baik lagi,” ujar Hendra.

Selain itu, lanjut wabup, pengawasan internal sangat diperlukan sebagai Quality Assurance (Penjamin Mutu). “Menjamin bahwa kegiatan dapat berjalan secara efisien, efektif serta sesuai aturan dalam mencapai tujuan,” tukasnya.

Orang nomor dua di Kabgor itu juga mengharapkan, inspektorat dapat mengoreksi kesalahan-kesalahan maupun kekeliruan yang sebelumnya terjadi. Sehingga kedepan, resiko peyelewengan dapat diminimalisir sedini mungkin.

“Untuk mencegah agar tidak terjadi kekeliruan serta kesalahan bahkan sampai penyelewengan terulang, maka dengan mengkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), lebih perbaiki sistem, dan menggunakan teknologi informasi dalam pelaksanaan tugas fungsi,” pungkasnya.

Di akhir penyampaiannya, Wabup Hendra menginginkan agar workshop ini mampu meningkatkan kinerja dan dapat bermanfaat pada keberlangsungan pembangunan di kabupaten tertua di Provinsi Gorontalo ini. (daily17/SisPatingki)

Bagikan ke:   
Exit mobile version