Anugerah Kota Kreatif Bone Bolango: Menggagas Ide Mempertegas Identitas

Avatar

Oleh: Irwan Bempah (Pembina KEKRAF Bonebol)

DAILYPOST.ID Di hari kebangkitan Nasional 20 Mei tahun 2023, Bone Bolango satu dari sembilan Kabupaten/Kota yang beroleh Anugerah penghargaan dari Kementerian PAREKRAF RI. Sebagai Kabupaten/Kota (KATA) Kreatif Indonesia. Prestasi membanggakan ini diperoleh melalui proses kolaborasi para pihak, yang di-dirigeni oleh pemerintah daerah Bone Bolango. Identitas kuat yang mengakar pada keunikan karakter itu. Menjadikan Bonebol berhasil membuktikan sebagai kota yang memajukan industri ekonomi Kreatif. Berdasarkan Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) oleh juri independent. Dengan sub sektor unggulan fesyen karawo, diharapkan akan mampu menghela sub-sub sektor lain agar dapat berkembang. semisal sub sektor kuliner, kriya, seni pertunjukan, desain grafis, fotografi, kontent kreator dan lain-lain.

Sudah dapat dipastikan untuk meraih anugerah Kota Kreatif Indonesia, membutuhkan kerja-kerja ekstra pelibatan para pihak. Semisal bagaimana komitmen kepala daerah membangkitkan spirit entrepreneurship komunitas, merangsang insisiatif lokal agar berperan melahirkan ide kota kreatif. Serta mengkonstruksi kelembagaan organisasi Komite Ekonomi Kreatif (KEKRAF), agar berfungsi sebagai wadah kolaborator bagi para pihak. Tentu itu semua bukanlah pekerjaan mudah. Karena bagi pemerintah daerah Bone Bolango, navigasi ekonomi kreatif harus selaras dengan tuntutan target kinerja mikro. misalnya industri kreatif harus berdampak terhadap penciptaan lapangan kerja dan penurunan angka kemiskinan. 

Menggagas Ide Kreatif Memperkuat Identitas Keunikan  

Ide membangun kota kreatif Bone Bolango tercetus sejak proses penciptaan logo branding di tahun 2015. Melalui seminar dan diskusi berulang, pelibatan para pihak digunakan dalam proses penggalian ide-gagasan. Puncaknya, lahirnya logo branding itu secara akademik diakui, dan secara filosofis dimaknai sebagai cerminan kekuatan yang lahir dari akar budaya dan potensi sumberdaya alam. Kala itu, keunikan dan ciri-khas daerah menjadi topik pertarungan ide kreatif dalam mensintesa sebuah identity. Adat istiadat, kopi pinogu, kawasan konservasi, atraksi wisata. Mampu diekstrak menjadi simbol semantik. Bahkan, nama pendek BON-BOL yang terdiri dari dua suku kata dan nyaris dipadankan dengan Bobol, Jebol dan Ambrol. Harus di ganti menjadi BO-NE-BOL yang terdiri dari tiga suku kata dan menghilangkan konotasi negative tadi. Kendati demikian, masih saja ada beberapa kalangan yang masih menggunakan BON-BOL.

Baca Juga:   Deswita Bulango Selatan, Wisata Keren di Kabupaten Bone Bolango

Proses rekonstruksi ide kreatif yang kemudian melahirkan identitas baru itu, menegasikan dua hal. Pertama, sadar akan keterbatasan SDA, fiskal dan ruang kelola. Menjadikan kebijakan dan program pembangunan di Bonebol harus berbasis konservasi. Semisal pertanian organik, ekowisata dan pengembangan UMKM berbahan baku ekonomi sirkular. Kedua, bahwa keterbatasan itu harus dirubah menjadi peluang. Maka efisiensi budgeting diwujudkan dengan prinsip “belanja kecil berefek besar”. Prinsip tersebut tercermin dengan membangun ruang-ruang kreatif seperti amphitheater, matobonebol, benteng ulantha, taman taqwa, revitalisasi danau perintis, center point, diyakini bukan hanya sekedar bangunan landmark ikonik semata, namun juga bangunan yang berfungsi sebagai city branding berefek terhadap geliat ekonomi kota. 

Menghimpun Kolaborasi Meraih Kota Kreatif

Bupati Hamim Pou disetiap pidatonya tak henti-henti selalu membangkitkan semangat entrepreneurship bagi kalangan generasi milenial dan Gen-Z. Betapa tidak, menjadi wirausahawan salah satu cara terbaik menurunkan angka pengangguran di daerah. Spirit inilah yang kemudian menjadikan organisasi Komite Ekonomi Kreatif Bonebol (KEKRAF) berperan sebagai kolaborator para pihak. Yaitu wadah tempat berkumpulnya akademisi, pelaku UKM-UMKM, pemerintah, jurnalis, masyarakat dan pegiat komunitas. Berdasarkan data direktori kota kreatif Indonesia, KEKRAF Bonebol telah berhasil menghimpun jejaring pelaku usaha kreatif sebanyak 658 orang.

Komitmen pimpinan daerah beserta seluruh jajarannya telah bersenyawa ke dalam KEKRAF. Hingga mampu berfungsi katalisator bagi kalangan yang populer dengan istilah ABCGM (Academic, Business, Community, Government and Media). Aksi kolaborasi ABCGM ini bukan hanya pada level merajut jejaring pelaku UKM-UMKM dan membangun ekosistem ekonomi melalui “gong” Semarak KaTa. Akan tetapi juga sebagai penggarap momentum penilaian mandiri kabupaten kota kreatif indonesia. Konon kabarnya, momentum ini dianggap fase paling menentukan nilai performance kota kreatif.  

Baca Juga:   Wabup Merlan Ikuti Jalan Sehat Meriahkan Milad ke-66 SMPN Kabila

Ditengah perjalanan menuju kota kreatif. Entitas KEKRAF mendapat ujian berat ketika ABCGM harus memilih satu dari sekian banyak sub sektor unggulan daerah. Kolaborasi yang sejak awal tersusun kompak, nyaris retak gara-gara perbedaan kepentingan dalam memperjuangkan beragam sub sektor. Masing-masing pelaku usaha mengklaim sub sektornya paling unggul dan penting. Pelaku sub sektor kriya berargumen bahwa produk kriya lebih bercitarasa Bonebol ketimbang sub sektor lain. Sementara pelaku sub sektor kuliner merasa paling mayoritas dibanding yang lain. Bisa dibayangkan! Kalau terdapat Sembilan sub sector, maka perdebatan itu tak akan berkesudahan. 

Sampai pada menit terakhir. Sub sektor Fesyen Karawo diyakini akan mampu menghela sub-sub sektor lainnya. Dengan kejernihan fikir dan kearifan sikap. Bupati Hamim Pou kembali larut bersenyawa men-dirigen keputusan kolektif. Menyudahi pertikaian argumentasi. “FESYEN KARAWO!!! Menjadi pilihan kita bersama” pungkasnya lantang.

Industri Kreatif Fesyen Karawo dan Tantangan Daerah

Produk karawo yang dihasilkan oleh industri kreatif memiliki karakter yang berbeda dan beragam. Karawo tidak bisa hanya diartikan sebagai barang pabrikan yang dapat di produksi masal. Sebab desainnya dihasilkan dari karya seni, produknya di sulam oleh tangan terampil. Oleh karena itu karawo disebut produk ekonomi kreatif lantaran memiliki nilai sosial dan budaya. 

Dimensi nilai itulah yang menuntut hadirnya negara dalam perkembangan Industri kreatif. Kota kreatif dengan unggulan fesyen karawo sudah waktunya memiliki multiplayer efek terhadap perkembangan industri kreatif di daerah. Kondisi itu ditandai dengan antara lain, bertambahnya jumlah komunitas ekonomi kreatif. Bertumbuhnya produk ikutan (mix-product) yang ada di sub-sektor lain. Misalnya meningkatnya produksi kue karawo pada sub-sektor kuliner. Bertambahnya varian produk karawo selain busana. Hingga puncaknya dapat ditakar melalui kontribusi sektor terhadap produk domestik bruto. 

Baca Juga:   Pemkab Bone Bolango: Butuh Komitmen Bersama untuk Wujudkan 'Good Governance'

Tantangan pemerintah daerah Bone Bolango dalam melaksanakan mandatori kota kreatif dapat di tinjau dari dua perspektif yakni: Pertama,  Membangun Ekosistem Ekonomi Kreatif Bonebol. Ekosistem ekonomi fesyen karawo harus dipastikan beranggotakan pelaku usaha kecil mikro hingga pelaku usaha kecil menengah. Tujuannya agar terbentuknya komposisi rantai pasok yang menghubungkan B2B (buseniss to business), B2C (buseniss to consumen) agar saling menguntungkan satu sama lain. Ekosistem ekonomi yang terbangun itu, dipastikan telah memenuhi standart empat elemen utama dalam rantai nilai ekosistem ekonomi kreatif. yaitu riset dan pengembangan, sumberdaya manusia (SDM), karya/produk, serta pasar.  Hasil riset menjelaskan produk karawo telah berkembang pesat. Namun fakta hari ini menunjukan bahwa produk sulaman karawo belum berkembang merambah hingga varian produk selain busana. Kedua, Menyusun Dokumen Strategi Daerah Tentang Potensi Industri Kreatif. Kondisi obyektif ekonomi kreatif di Bonebol mengindikasikan pentingnya menetapkan arah pengembangan fesyen karawo sebagai keinginan yang hendak dicapai di masa datang. Berbagai permasalahan yang menghambat pengembangan industri kreatif seperti lemahnya permodalan, pengetahuan dan kemampuan SDM, akan berpengaruh terhadap produktivitas dan nilai tambah. Oleh karena itu rencana strategi pengembangannya paling tidak menjadikan bonebol sebagai epicentrum industri fesyen di provinsi Gorontalo. Agar supaya Bonebol tidak hanya menjadi buffer zone ekonomi ibukota provinsi saja. Namun benar-benar memiliki potensi ekonomi kreatif yang harus selalu diupayakan untuk ditingkatkan baik dalam hal keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif. SALAM KREATIF…

Bagikan ke:   
Dijual Lahan Perumahan Gorontalo
FOLLOW US ON FACEBOOK
FOLLOW US ON INSTAGRAM
@official.dailypost.id
  • Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? 

Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 

🗓: Senin, 18 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
  • PT. SJTEAM SURYA JASA mengucapkan Selamat Menunaikan Ibah Puasa, Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi

#SJTeamSuryaJasa #Dailypostid
  • Seorang pria bernama David Heydar Pratama (26) ditangkap polisi. David ditangkap karena menipu seorang wanita asal Kabupaten Bandung hingga korban rugi Rp 165 juta.

“Modus operandinya, tersangka DYP berkenalan di aplikasi Tinder dengan korban dan mengaku sebagai anggota kepolisian yang berdinas di Bareskrim Polri,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono dilansir detikJabar, Kamis (7/3/2024).

David berkenalan dengan korban menggunakan nama Antonius Felix Rompas. Dia mengaku berpangkat AKP

Komunikasi David dengan korban tidak hanya di aplikasi Tinder, tapi juga WhatsApp. Ketika keduanya sudah makin dekat David meminjam uang senilai RP 40 juta ke korban, setelah itu meminjam lagi senilai Rp 90 juta dengan alasan sedang terlibat sidang etik di tempat dinasnya bekerja. Korban yang merasa kasihan, akhirnya menggadaikan BPKB kendaraannya untuk mengirim uwang kepada David.

David menggunakan uang tipu-tipu itu untuk bermain jud1 sl0t. Korban pun mengaku telah mengalami kerugian sekitar Rp 165 juta akibat percaya kepada David yang mengaku sebagai anggota polisi berpangkat AKP itu.

“Uwangnya digunakan untuk gaya hidup. Ada yang digunakan untuk beli sesuatu dan ada juga yang untuk main jud1 sl0t dari uwang tersebut, sehingga kerugian yang dialami oleh korban kurang lebih Rp 165 juta,” ucapnya.

Akibat perbuatannya, David dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman selama 4 tahun kurungan penjara.

🎥 : Tt/RTV
📝 : Detiknews

--------------------

Tag default:

#dailypostid
#mediadailypostid
#beritaviral
#beritaterkini
#videoviral
#infotainment
#tipsdantrik
#mediadanhiburan
#mediaonline
#beritapolitik
#beritakriminal
#beritaperistiwa
#gorontalonews
#beritagorontalo
#beritaindonesia
#medialokalgorontalo
#karuniamediakreatif
#videohiburan 
#tiktokviral 
#tiktokberita 
#tiktoknews
  • Udah diproduksi gak tuh...

#prabowogibran 
--------------------

Dailypost.id adalah media online lokal Gorontalo dengan slogan Media Siber Millennial. Dailypost.id juga menyajikan berita Nasional hingga Internasional terbaru, terkini dan video yang lagi viral.

Kunjungi Website resmi: www.dailypost.id

Follow kami di media sosial lainnya:

Facebook: @dailypost.id
Tiktok: @dailypost.id

--------------------

Tag default:

#dailypostid
#mediadailypostid
#beritaviral
#beritaterkini
#videoviral
#infotainment
#tipsdantrik
#mediadanhiburan
#mediaonline
#beritapolitik
#beritakriminal
#beritaperistiwa
#gorontalonews
#beritagorontalo
#beritaindonesia
#medialokalgorontalo
#karuniamediakreatif
#videohiburan
  • Viral di media sosial sekelompok orang yang mengaku diri mereka warga tebet melakukan deklarasi kemenangan Anies-Cak Imin. Dalam video yang viral di Twitter tersebut, beberapa orang tampak membentangkan sebuah spanduk yang berisi informasi perolehan suara.

Akan tetapi dalam spanduk tersebut, pasangan nomor urut 1 Anies-Cak Imin unggul telak dari Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. Dalam spanduk tersebut tertulis paslon 1 Anies-Cak Imin mendapatkan 51,43% suara. Angka ini jauh mengungguli Prabowo-Gibran dengan 33,87% suara dan Ganjar-Mahfud 14,70% suara.

Bisa dikatakan, perolehan suara yang ada di dalam spanduk tersebut berbeda dengan perolehan suara yang terakhir kali ditampilkan KPU di situs resminya. Baik di real count ataupun quick count, pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran menjadi yang paling banyak mendapatkan suara secara nasional.

Kemudian yang tak kalah menarik dari video tersebut, sekelompok bapak-bapak dan ibu-ibu tersebut mendeklarasikan kemenangan Anies-Cak Imin di Pemilu 2024 ini. "Kami warga tebet mendeklarasikan kemenangan Anies-Cak Imin, nomor 1 menang-menang," teriak mereka. Kolom komentar pun ramai, beberapa netizen bahkan mencurigai jika mereka bukanlah warga Tebet.

🎥 : istimewa
📝 : kabar24.bisnis.com

Tag default:

#dailypostid
#mediadailypostid
#beritaviral
#beritaterkini
#videoviral
#infotainment
#tipsdantrik
#mediadanhiburan
#mediaonline
#beritapolitik
#beritakriminal
#beritaperistiwa
#gorontalonews
#beritagorontalo
#beritaindonesia
#medialokalgorontalo
#karuniamediakreatif
#videohiburan
  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sejatinya telah sejak lama menerima kekalahannya dari Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017.

"Ketika saya kalah, saya langsung kasih Anies penghargaan, ucapan dan segala macam itu, thats again. Saya selalu kasih ucapan selamat. Bagi saya itu, kamu menang pun atas seizin Allah," kata Ahok di Podcast Merry Riana, dikutip pada Kamis (7/3/2024).

Namun terlepas dari itu semua, di mata Ahok, Anies bukan seorang negarawan.

"Anies sangat tidak negarawan. Yang saya tidak bisa terima adalah ketika anda menang, anda pidato memecah belah bangsa. Bahwa Jakarta udah kembali ke pangkuan pribumi yang dijajah selama ini. Itu teksnya dimana-mana," ujar Ahok.

Bagi Ahok, pernyataan Anies tersebut sangat memecah belah bangsa, bukan justru mempersatukan. Ahok menegaskan dirinya asli warga negara Indonesia sesuai Undang-undang yang berlaku.

"Apakah karena nama saya Ahok, itu yang tidak betul seorang Anies lakukan. Bagi saya Anies sangat tidak negarawan," tegas mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Terkait dengan Pilgub DKI Jakarta 2024, Ahok menutup rapat peluang berkongsi dengan Anies. #terang_media

🎥 : MerryRiana (yt)
📝 : fajar.co.id

#dailypostid #ahok #aniesbaswedan
  • Hujan Deras, Atap Karsa Utama Mall Gorontalo Jebol.

#gorontalonews #gorontaloviral #dailypostid
  • Informasi yang diperoleh, di bentor tersebut ada 5 orang penumpang. 3 orang dewasa, dan 2 lainnya anak-anak.

Kendaraan roda tiga itu, dikabarkan tengah melaju di jalan raya Tibawa, tiba-tiba sebuah pohon besar runtuh dan menimpa bentor itu. Akibatnya, Satu orang meninggal dunia, dua luka-luka, dan lainnya selamat. 

Korban meninggal bernama Eka Pratiwi Botutihe, 34 tahun.

Warga setempat, terlihat kesulitan memberi bantuan, karena ukuran pohon yang cukup besar.

#gorontalonews #dailypostid #beritagorontalo
  • Kirain ciwi-ciwi doang yang pengen nyubit🫣

#mayorteddy
Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? 

Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 

🗓: Senin, 18 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? 

Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 

🗓: Senin, 18 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 🗓: Senin, 18 Maret 2024 ⏰: 15.30-17.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803 Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
4 hari ago
View on Instagram |
1/9
PT. SJTEAM SURYA JASA mengucapkan Selamat Menunaikan Ibah Puasa, Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi

#SJTeamSuryaJasa #Dailypostid
PT. SJTEAM SURYA JASA mengucapkan Selamat Menunaikan Ibah Puasa, Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi #SJTeamSuryaJasa #Dailypostid
1 minggu ago
View on Instagram |
2/9
Seorang pria bernama David Heydar Pratama (26) ditangkap polisi. David ditangkap karena menipu seorang wanita asal Kabupaten Bandung hingga korban rugi Rp 165 juta. “Modus operandinya, tersangka DYP berkenalan di aplikasi Tinder dengan korban dan mengaku sebagai anggota kepolisian yang berdinas di Bareskrim Polri,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono dilansir detikJabar, Kamis (7/3/2024). David berkenalan dengan korban menggunakan nama Antonius Felix Rompas. Dia mengaku berpangkat AKP Komunikasi David dengan korban tidak hanya di aplikasi Tinder, tapi juga WhatsApp. Ketika keduanya sudah makin dekat David meminjam uang senilai RP 40 juta ke korban, setelah itu meminjam lagi senilai Rp 90 juta dengan alasan sedang terlibat sidang etik di tempat dinasnya bekerja. Korban yang merasa kasihan, akhirnya menggadaikan BPKB kendaraannya untuk mengirim uwang kepada David. David menggunakan uang tipu-tipu itu untuk bermain jud1 sl0t. Korban pun mengaku telah mengalami kerugian sekitar Rp 165 juta akibat percaya kepada David yang mengaku sebagai anggota polisi berpangkat AKP itu. “Uwangnya digunakan untuk gaya hidup. Ada yang digunakan untuk beli sesuatu dan ada juga yang untuk main jud1 sl0t dari uwang tersebut, sehingga kerugian yang dialami oleh korban kurang lebih Rp 165 juta,” ucapnya. Akibat perbuatannya, David dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman selama 4 tahun kurungan penjara. 🎥 : Tt/RTV 📝 : Detiknews -------------------- Tag default: #dailypostid #mediadailypostid #beritaviral #beritaterkini #videoviral #infotainment #tipsdantrik #mediadanhiburan #mediaonline #beritapolitik #beritakriminal #beritaperistiwa #gorontalonews #beritagorontalo #beritaindonesia #medialokalgorontalo #karuniamediakreatif #videohiburan #tiktokviral #tiktokberita #tiktoknews
2 minggu ago
View on Instagram |
3/9
Udah diproduksi gak tuh... #prabowogibran -------------------- Dailypost.id adalah media online lokal Gorontalo dengan slogan Media Siber Millennial. Dailypost.id juga menyajikan berita Nasional hingga Internasional terbaru, terkini dan video yang lagi viral. Kunjungi Website resmi: www.dailypost.id Follow kami di media sosial lainnya: Facebook: @dailypost.id Tiktok: @dailypost.id -------------------- Tag default: #dailypostid #mediadailypostid #beritaviral #beritaterkini #videoviral #infotainment #tipsdantrik #mediadanhiburan #mediaonline #beritapolitik #beritakriminal #beritaperistiwa #gorontalonews #beritagorontalo #beritaindonesia #medialokalgorontalo #karuniamediakreatif #videohiburan
2 minggu ago
View on Instagram |
4/9
Viral di media sosial sekelompok orang yang mengaku diri mereka warga tebet melakukan deklarasi kemenangan Anies-Cak Imin. Dalam video yang viral di Twitter tersebut, beberapa orang tampak membentangkan sebuah spanduk yang berisi informasi perolehan suara. Akan tetapi dalam spanduk tersebut, pasangan nomor urut 1 Anies-Cak Imin unggul telak dari Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud. Dalam spanduk tersebut tertulis paslon 1 Anies-Cak Imin mendapatkan 51,43% suara. Angka ini jauh mengungguli Prabowo-Gibran dengan 33,87% suara dan Ganjar-Mahfud 14,70% suara. Bisa dikatakan, perolehan suara yang ada di dalam spanduk tersebut berbeda dengan perolehan suara yang terakhir kali ditampilkan KPU di situs resminya. Baik di real count ataupun quick count, pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran menjadi yang paling banyak mendapatkan suara secara nasional. Kemudian yang tak kalah menarik dari video tersebut, sekelompok bapak-bapak dan ibu-ibu tersebut mendeklarasikan kemenangan Anies-Cak Imin di Pemilu 2024 ini. "Kami warga tebet mendeklarasikan kemenangan Anies-Cak Imin, nomor 1 menang-menang," teriak mereka. Kolom komentar pun ramai, beberapa netizen bahkan mencurigai jika mereka bukanlah warga Tebet. 🎥 : istimewa 📝 : kabar24.bisnis.com Tag default: #dailypostid #mediadailypostid #beritaviral #beritaterkini #videoviral #infotainment #tipsdantrik #mediadanhiburan #mediaonline #beritapolitik #beritakriminal #beritaperistiwa #gorontalonews #beritagorontalo #beritaindonesia #medialokalgorontalo #karuniamediakreatif #videohiburan
2 minggu ago
View on Instagram |
5/9
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sejatinya telah sejak lama menerima kekalahannya dari Anies Baswedan di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017. "Ketika saya kalah, saya langsung kasih Anies penghargaan, ucapan dan segala macam itu, thats again. Saya selalu kasih ucapan selamat. Bagi saya itu, kamu menang pun atas seizin Allah," kata Ahok di Podcast Merry Riana, dikutip pada Kamis (7/3/2024). Namun terlepas dari itu semua, di mata Ahok, Anies bukan seorang negarawan. "Anies sangat tidak negarawan. Yang saya tidak bisa terima adalah ketika anda menang, anda pidato memecah belah bangsa. Bahwa Jakarta udah kembali ke pangkuan pribumi yang dijajah selama ini. Itu teksnya dimana-mana," ujar Ahok. Bagi Ahok, pernyataan Anies tersebut sangat memecah belah bangsa, bukan justru mempersatukan. Ahok menegaskan dirinya asli warga negara Indonesia sesuai Undang-undang yang berlaku. "Apakah karena nama saya Ahok, itu yang tidak betul seorang Anies lakukan. Bagi saya Anies sangat tidak negarawan," tegas mantan gubernur DKI Jakarta ini. Terkait dengan Pilgub DKI Jakarta 2024, Ahok menutup rapat peluang berkongsi dengan Anies. #terang_media 🎥 : MerryRiana (yt) 📝 : fajar.co.id #dailypostid #ahok #aniesbaswedan
2 minggu ago
View on Instagram |
6/9
Hujan Deras, Atap Karsa Utama Mall Gorontalo Jebol. #gorontalonews #gorontaloviral #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
7/9
Informasi yang diperoleh, di bentor tersebut ada 5 orang penumpang. 3 orang dewasa, dan 2 lainnya anak-anak. Kendaraan roda tiga itu, dikabarkan tengah melaju di jalan raya Tibawa, tiba-tiba sebuah pohon besar runtuh dan menimpa bentor itu. Akibatnya, Satu orang meninggal dunia, dua luka-luka, dan lainnya selamat. Korban meninggal bernama Eka Pratiwi Botutihe, 34 tahun. Warga setempat, terlihat kesulitan memberi bantuan, karena ukuran pohon yang cukup besar. #gorontalonews #dailypostid #beritagorontalo
2 minggu ago
View on Instagram |
8/9
Kirain ciwi-ciwi doang yang pengen nyubit🫣 #mayorteddy
2 minggu ago
View on Instagram |
9/9

FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id
media online gorontalo
ekakraf multimedia