Kadisdik Gorut Harap HAN Jadi Momentum Kebangkitan Kualitas Pendidikan

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Anak merupakan penerus cita-cita bangsa, sehingga upaya pembinaan anak perlu dilakukan untuk meningkatkan kesadaran anak akan hak, kewajiban dan tanggung jawab kepada orangtua, masyarakat dan negara.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Irwan B. Usman mengatakan, anak-anak juga memiliki hak atas hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar.

Itu disampaikan Kadisdik Gorut dalam pelaksanaan kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) ke-42, Kamis (18/11/2021).

Di momen tersebut, Disdik Gorut menggelar lomba bercerita anak tingkat PAUD-TK yang puncaknya dilaksanakan di lokasi pantai wisata Minanga Kecamatan Atinggola.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) PAUD.

Selain terstruktur secara nasional, kata Kadis Irwan, program pemenuhan SPM PAUD Disdik Gorut adalah merupakan program target yang harus dipenuhi, dari sekian jumlah visi misi yang harus diemban di Disdik.

“Sehingga apapun alasannya, kita harus melakukan konsep itu. Dan inilah tugas kita, dalam hal pencapaian visi misi bupati/wakil bupati,” tandas Irwan.

Ia menambahkan, pelaksanaan HAN tahun 2021 ini lebih dikhususkan untuk membangkitkan motivasi dan target kerja Disdik didalam hal pelayanan PAUD di masa pandemi.

“Sehingga orientasi pemberian gagasan kearifan lokal dalam bentuk lomba ini, yang merupakan syarat utamanya adalah bagaimana siswa termotivasi belajar meski dalam masa pandemi,” tegas kadisdik.

Di HAN ini, lanjut Irwan, akan dikembangkan dan dilihat bagaimana survey karakter siswa didalam mengembangkan ide gagasan dalam bentuk cerita.

“Dengan cara seperti itu, nantinya bisa menumbuhkan daya kreativitas siswa itu sendiri. Nah, itulah tema yang kita emban didalam pelaksanaan lomba tersebut,” ujar Irwan.

Pemerintah daerah melalui Dinas pendidikan mengharapkan, pelaksanaan HAN yang ke-42 juga menjadi momentum untuk memotivasi orang tua bersama unsur dinas pendidikan, siswa dan satuan pendidikan untuk selalu memajukan pendidikan di Gorut. (Adv/Daily25)

Baca selengkapnya di m.dailypost.id >> klik di sini!



iklan cakades
Bagikan ke media sosial