Kenali Ciri-Ciri Psikopat di Lingkungan Sosial Anda!

Avatar
Ilustrasi / Istimewa

DAILYPOST.ID Baru-baru ini, masyarakat dikejutkan oleh kasus mutilasi dan pembunuhan sadis yang tidak wajar, yang melibatkan seorang ibu rumah tangga yang melakukan mutilasi terhadap keponakan sendiri. Kasus ini mengingatkan kita pada pentingnya memahami tanda-tanda psikopat untuk menghindari bencana mengerikan dari perilaku seseorang yang mengalami kelainan mental ini.

Dr. Silvina Galperin, seorang psikolog klinis dan konseling di CBT Psychology for Personal Development, memberikan wawasan tentang tanda-tanda psikopat yang perlu diwaspadai. Memahami tanda-tanda ini dapat membantu kita untuk lebih waspada saat berinteraksi dengan orang baru dan mengantisipasi potensi bahaya di sekitar kita.

  1. Percaya Diri Berlebihan
    Psikopat seringkali memiliki rasa percaya diri yang berlebihan. Meskipun percaya diri adalah sifat positif, namun ketika berlebihan, hal ini dapat memicu bahaya. Masyarakat perlu waspada terhadap orang yang terlalu percaya diri dan sombong, karena hal ini bisa menjadi tanda psikopat.
  2. Tidak Memiliki Empati
    Psikopat tidak memiliki kemampuan untuk merasakan empati. Mereka tidak menunjukkan penyesalan atau rasa bersalah setelah melakukan tindakan kejahatan keji. Kekurangan empati ini dapat menjadi tanda khas yang harus diwaspadai.
  3. Tindakan Menarik Namun Palsu
    Psikopat bisa sangat menarik dan ramah di luar, namun semua itu bisa saja palsu. Pesona mereka digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan egosentris mereka. Masyarakat perlu lebih berhati-hati dalam mengenali keaslian perilaku seseorang.
  4. Tidak Memiliki Pemahaman tentang Emosi
    Psikopat tidak dapat merasakan emosi seperti cinta, kasih, atau ketakutan. Mereka mungkin terlibat dalam hubungan, bukan karena cinta, tetapi untuk mencapai tujuan tertentu. Mengetahui bahwa psikopat tidak memiliki pemahaman tentang emosi dapat membantu mengidentifikasi perilaku yang mencurigakan.
  5. Keputusan Berdasarkan Tindakan Impulsif
    Psikopat seringkali bertindak secara spontan tanpa memikirkan konsekuensi. Meskipun sulit dideteksi, masyarakat dapat lebih waspada terhadap tindakan impulsif mereka, terutama dalam situasi yang dapat menimbulkan bahaya.
  6. Tidak Merasa Bersalah dan Menyesal
    Psikopat tidak merasa bersalah atau menyesal atas tindakan mereka. Permintaan maaf yang diucapkan mungkin tidak tulus, karena biasanya hanya dilakukan untuk menghindari tekanan sosial. Ini dapat menjadi tanda bahwa perilaku mereka tidak sesuai dengan norma sosial.
  7. Penipu dan Suka Berbohong
    Psikopat cenderung berbohong dan menciptakan cerita palsu untuk menciptakan citra tertentu di mata masyarakat. Masyarakat perlu waspada terhadap tanda-tanda kepalsuan dalam perilaku dan cerita yang diceritakan oleh seseorang.

Dengan memahami tanda-tanda ini, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada terhadap perilaku aneh atau menyimpang, sehingga dapat mencegah potensi bahaya dari individu yang mungkin mengalami kelainan psikopat.

Bagikan ke:
headset gaming kuping kucing Dijual Lahan Perumahan Gorontalo
FOLLOW US ON FACEBOOK
FOLLOW US ON INSTAGRAM
@official.dailypost.id
  • Waw! Viral tiktokers Gorontalo ini sebut Kalau Berteman Sesuai HP, Kalau Android Minggir Wir!

#gorontaloviral #gorontalonews #gorontalotiktok #dailypostid #viral
  • Wah! Kerjaan siapa nih?

#viralreels #pemilu2024 #dailypostid
  • Kalian percaya gak?

#ganjarpranowo #ganjar #quickcount #dailypostid #pemilu2024
  • Kenapa bawa gunting ke TPS? 不不不

#ngakak #lucu #viralreels #dailypostid #mediadanhiburan
  • Film Dirty Vote rilis di masa tenang Pemilu 2024, Ini Film Dokumenter Kontroversial atau Propaganda?

Apapun pendapatmu, tonton dulu sampai habis ya dailynetz.

#dirtyvote #reelsviral #beritaviral #dailypostid
  • Ayo siapa yang mau digendong Mayor Teddy? eitss.. tapi harus izin dulu ke ybs ya gaes..

#mayorteddy #viralreels #videoviral
  • Selengkapnya:

https://dailypost.id/news/menggelegar-di-telaga-fory-naway-minta-setengah-cinta-dan-dukungan-penuh-masyarakat/

#dailypostid #gorontalonews #forynaway
  • Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024

#HPN2024 #HPN #dailypostid
  • Momen sakral pernikahan pasangan pengantin tuna rungu berasal dari Gorontalo yang melangsungkan ijab kabul dengan memakai Bahasa Isyarat.

#gorontalonews #viralreels #reelsnews #dailypostid
Waw! Viral tiktokers Gorontalo ini sebut Kalau Berteman Sesuai HP, Kalau Android Minggir Wir! #gorontaloviral #gorontalonews #gorontalotiktok #dailypostid #viral
1 minggu ago
View on Instagram |
1/9
Wah! Kerjaan siapa nih? #viralreels #pemilu2024 #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
2/9
Kalian percaya gak? #ganjarpranowo #ganjar #quickcount #dailypostid #pemilu2024
2 minggu ago
View on Instagram |
3/9
Kenapa bawa gunting ke TPS? 不不不 #ngakak #lucu #viralreels #dailypostid #mediadanhiburan
2 minggu ago
View on Instagram |
4/9
Film Dirty Vote rilis di masa tenang Pemilu 2024, Ini Film Dokumenter Kontroversial atau Propaganda? Apapun pendapatmu, tonton dulu sampai habis ya dailynetz. #dirtyvote #reelsviral #beritaviral #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
5/9
Ayo siapa yang mau digendong Mayor Teddy? eitss.. tapi harus izin dulu ke ybs ya gaes.. #mayorteddy #viralreels #videoviral
2 minggu ago
View on Instagram |
6/9
Selengkapnya: https://dailypost.id/news/menggelegar-di-telaga-fory-naway-minta-setengah-cinta-dan-dukungan-penuh-masyarakat/ #dailypostid #gorontalonews #forynaway
2 minggu ago
View on Instagram |
7/9
Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024

#HPN2024 #HPN #dailypostid
Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024 #HPN2024 #HPN #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
8/9
Momen sakral pernikahan pasangan pengantin tuna rungu berasal dari Gorontalo yang melangsungkan ijab kabul dengan memakai Bahasa Isyarat. #gorontalonews #viralreels #reelsnews #dailypostid
3 minggu ago
View on Instagram |
9/9

FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id
media online gorontalo
ekakraf multimedia