Plt Bupati Bonebol Buka Bimtek Guru Pembimbing Khusus Satuan Pendidikan Inklusif

Plt Bupati Bonebol, Merlan S. Uloli saat memberikan sambutan serta membuka dengan resmi kegiatan bimtek guru pembimbing khusus pendidikan inklusif. (Foto:Jefri)
Dijual Lahan Perumahan Gorontalo

DAILYPOST.ID, Bone Bolango – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bone Bolango (Bonebol), Merlan S. Uloli turut hadir serta membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) guru pembimbing khusus satuan pendidikan penyelengara pendidikan inklusif tingkat Kabupaten Bonebol, Kamis (16/11/2023) di Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Gorontalo.

Merlan Uloli dalam sambutannya menyampaikan pendidikan bagi penyandang disabilitas telah diupayakan melalui pendidikan khusus dan pendidikan inklusif. Hal itu karena setiap warga negara mempunyai hak yang sama untuk memperoleh pendidikan yang bermutu.

Lampu Kipas Plafon Shopee

“Hal ini memberikan kapasitas hukum bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga negara tanpa ada pengurangan atau pembedaan atas cara memperoleh haknya serta penyelengaraan yang layak, baik dan berkualitas di semua tingkat dan jenis pendidikan,” paparnya.

Merlan menjelaskan bahwa seluruh warga negara dengan kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, atau sosial berhak memperoleh pendidikan khusus.

Sehingga kata Merlan untuk menyetarakan pendidikan di Provinsi Gorontalo khususnya di Kabupaten Bonebol maka, dibuatlah program yang namanya pendidikan inklusif dengan tujuan memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan dan memiliki potensi kecerdasan dan bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelajaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya.

“Tujuan dari pendidikan inklusif ini adalah untuk memenuhi amanat Undang-Undang Dasar 1945, diantaranya adalah (1) memfasilitasi pengembangan potensi anak bangsa secara utuh, membentuk watak dan peradaban bangsa, (2) perluasan dan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu dan pemenuhan wajib belajar 12 tahun, (3) meningkatkan keprofesionalan dan akuntabilitas lembaga pendidikan, (4) mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman tidak diskriminatif dan ramah pembelajaran,” terangnya.

Terahir, Merlan berharap dengan adanya Bimtek guru pembimbing khusus ini dapat meningkatkan nilai indikator iklim inklusivitas pada satuan pendidikan yang memberikan dampak terhadap delta kenaikan rapor pendidikan daerah.

headset gaming kuping kucing FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id
media online gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ekakraf multimedia