Predator Seks di Lingkungan Pendidikan Kian Marak, Butuh Solusi Tuntas

Dailypost.id
Ilustrasi (AI)

DAILYPOST.ID Opini – Akhir-akhir ini, berita mengenai kasus pencabulan atau kekerasan seksual di dunia pendidikan kian marak. Terbaru, seorang guru Honorer di salah satu Sekolah Menengah Pertama (SMP) kota Gorontalo berinisial MAL diduga menyodomi 4 siswanya.

Kasus ini terungkap berawal dari salah satu korban yang melaporkan kejadian ini kepada orang tuanya. Lalu, orang tua melaporkan hal tersebut ke Polda Gorontalo. Berdasarkan keterangan pelapor, Sang guru diduga melancarkan aksinya sejak awal November 2023 lalu. Bak bola salju menggelinding, muncul tiga siswa lainnya yang mengaku menjadi korban oknum guru kesenian itu. Adanya peristiwa ini menambah daftar hitam kasus pelecehan seksual yang terjadi di provinsi yang dikenal dengan julukan “Serambi Madinah” itu.

Terus Berulang

Jika kita lihat dari beberapa tahun yang lalu, sekitar bulan Oktober 2019 silam pernah terjadi kasus pelecehan seksual dilakukan oleh salah satu pimpinan ponpes yang ada di kabupaten Boalemo terhadap santrinya. Awal tahun 2022, oknum dosen perguruan tinggi islam di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Amai Gorontalo diduga melakukan pelecehan seksual terhadap seorang mahasiswi.

Berdasarkan data yang dihimpun KPAI sepanjang 2021, setidaknya ada 18 kasus kekerasan yang terjadi di satuan pendidikan. Pelaku kekerasan seksual terdiri dari pendidik/guru sebanyak 10 orang (55.55%), Kepala Sekolah/Pimpinan Pondok Pesantren sebanyak 4 orang (22,22%), pengasuh (11,11%), tokoh agama (5,56%) dan Pembina Asrama (5,56%). Pengumpulan data dilakukan mulai 2 Januari-27 Desember 2021 melalui pemantauan kasus yang dilaporkan keluarga korban ke pihak kepolisian dan diberitakan oleh media massa. (Mediaindonesia, 28-12-2021).

Kasus kekerasan seksual di lingkungan pendidikan ibarat gunung es, apa yang muncul baru lah puncak gunung es dari sejumlah kasus yang jauh lebih banyak di bawah permukaannya.

Miris bukan? Sekolah yang seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan teraman bagi anak didik untuk menimba ilmu, malah menjadi benih munculnya Predator seks yang siap memangsa mereka. Guru/tenaga pendidik yang seharusnya memberikan teladan bagi anak didiknya, malah melakukan tindakan keji. Ada apa dengan dunia pendidikan hari ini? Generasi terancam, guru tidak lagi menjadi panutan. Hukuman seakan mati rasa bagi para pelaku kekerasan seksual.

Akar Masalah

Pada dasarnya, perlindungan dan penjagaan yang aman anak dapatkan oleh seorang anak ketika dibawah asuhan orang tua, guru dan lingkungan yang tepat. Namun apa yang terjadi jika pihak yang seharusnya memberikan perlindungan dan keamanan tersebut menjadi ancaman terbesar bagi mereka?

Seorang guru yang notabene memiliki tugas mulia mendidik generasi, menjadi pengayom dan teladan, malah melakukan tindakan asusila kepada anak didik. Tindakan ini tentu telah menciderai profesi guru sekaligus merupakan bentuk kriminal dan kejahatan.

Makin maraknya perbuatan asusila di lingkungan pendidikan hari ini, maka perlu kitamencermati kasus-kasus tersebut, kita harus memandang secara menyeluruh dan komprehensif karena ini bukan hanya persoalan hukuman bagi pelaku atau nasib korban yang nantinya akan mengalami trauma berkepanjangan. Tapi juga dari penyebab mendasar kenapa kasus pelecehan ini terus terjadi tiap tahunnya.

Dari pihak pemerintah tentu sudah melakukan beragam upaya tindakan regulasi untuk pencegahan dan penanggulangan tindakan kekerasan seksual, termasuk perlindungan bagi siswa dan guru. Regulasi ini berupa Permendikbud Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penganggulangan Tindak Kekerasan di Satuan Pendidikan. Aturan ini secara detail mengatur langkah dan strategi dan upaya preventif sekaligus kuratif terhadap kekerasan di sekolah. Namun, sejumlah regulasi yang ada belum mampu menuntaskan problem ini. Ini artinya ada kesalahan dalam merumuskan akar masalah sehingga regulasi yang diberikan gagal menyolusi pelecehan seksual pada anak yang makin rawatdarurat, tidak lebih di dunia pendidikan hari ini. Maka sudah semestinya tidak menyelesaikan kasus per kasus, sebab kasus yang sama berulang dari tahun ketahun. Lantas dimana letak kesalahannya? Mengapa begitu banyak Predator seks berkeliaran?

Maraknya tindakan kekerasan seksual atau pencabulan sejatinya karena tidak ada perlindungan berlapis untuk anak. Hal ini disebabkan berkurangnya pemahaman tentang kewajiban negara, masyarakat dan keluarga serta tidak diberlakukannya aturan yang sesuai di tengah-tengah masyarakat. Akar masalah dari kejahatan seksual pada anak ialah penerapan sistem sekulerisme dalam kehidupan. Sistem sekulerisme ini mengikis pemahaman mendasar tentang agama pada seorang muslim, yakni akidah dan pemberlakukan syariat islam.

Akibatnya kaum muslim hari ini tidak mampu memahami secara menyeluruh aturan islam. Islam hanya dipakai dalam ranah ibadah individu. Sedangkan di ranah sosial dan masyarakat memakai hukum sekuler buatan manusia. Padahal Islam punya solusi tuntas untuk menyelesaikan maraknya predator seks.

Kembali Pada Islam

Setelah kita memahami akar masalah Predator seks kian marak hari ini terletak pada sistem sekularisme, maka kita perlusolusi tuntas atas permasalahan ini, yakni kembali pada Islam. Islam memiliki sejumlah perlindungan berlapis dalam mengatasi kekerasan seksual, yakni dari keluarga, masyarakat dan negara baik secara preventif maupun kuratif.

Pertama, dari keluarga. Sebagai tempat pertama anak untuk belajar menemukan benteng utama diri dari kemaksiatan yakni pengokohan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, tentu ayah dan ibu saling bekerja sama memberikan pengajaran yang baik dan benar berdasarkan islam.

Kedua, dari masyarakat. Sebagai pengontrol anak-anak dari kejahatan dan kemaksiatan. Masyarakatnya memahami kewajiban beramar ma’ruf nahim munkar sehingga mampu menciptakan lingkungan yang aman bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Ketiga, dari negara. Negara sebagai pelindung utama. Wajib memberikan pemenuhan kebutuhan rakyat baik dari sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan bahkan keamanan setiap anak. Maka wajibnya negara memberikan perlindungan berlapis untuk melindungi anak dari maksiat dan perilaku buruk. Diantaranya :

Pertama, Negara mengelola dan mengatur pola interaksi antara laki-laki dan perempuan berdasarkan aturan islam dengan cara : (1) kewajiban menutup aurat, menundukkan pandangan dan berhijab syar’i; (2) larangan berzina, berkhalwat (berduaan dengan yang bukan mahram), dan ikhtilat (campur baur laki-laki dan perempuan); (3) larangan mengeksploitasi perempuan dengan memamerkan keindahan dan kecantikan saat bekerja; (4) larangan melakukan safar (perjalanan) lebih dari sehari semalam tanpa disertai mahram.

Kedua, Negara mengoptimalkan fungsi lembaga media dan informasi untuk menyaring konten-konten dan tayangan yang merusak generasi, seperti konten-konten porno, tayangan-tayangan memperlihatkan aurat, serta perbuatan apapun yang mengarah kepada kemaksiatan.

Ketiga, Negara menerapkan sistem pendidikan berbasis akidah Islam. Dengan sistem ini, seluruh perangkat pembelajaran mengacu pada Islam. Dengan begitu, anak-anak memiliki akidah yang kuat, orang tua memiliki pemahaman agama yang baik, dan masyarakat yang berdakwah dengan saling memberi nasihat di antara sesama.

Keempat, Negara memberikan sanksi yang tegas dengan menghukum para pelaku berdasarkan jenis dan kadar kejahatannya menurut syariat Islam. Sehingga pelaku merasa jera dan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Sistem sanksi dalam Islam merupakan langkah kuratif jika langkah preventif sudah dilakukan tapi masih terjadi pelanggaran. Sistem sanksi ini memberikan 2 fungsi, (1) Jawaajir (memberikan efek jera bagi pelaku), (2) Zawaabir (Penebus dosa bagi pelaku kejahatan).

Maka dari itu sudah saatnya kehidupan kita ini dikembalikan kepada aturan sang Pencipta yakni Allah SWT, karena sejatinya Dia-lah yang berhak mengatur manusia sehingga akan tercipta keamanan bagi semua masyarakat termasuk anak-anak.

(Aktivis Dakwah)
Share:   

FOLLOW US ON FACEBOOK
FOLLOW US ON INSTAGRAM
@official.dailypost.id
  • Seorang oknum anggota Dinas Perhubungan (Dishub) menjadi sorotan setelah terlihat dalam rekaman video menghapus tulisan "parkir gratis" di sebuah minimarket, yang kemudian viral di media sosial.

Video yang pertama kali dibagikan oleh akun TikTok @sekotongmendunia pada Kamis, 27 Juni 2024, menunjukkan seorang pria mengenakan rompi oranye dan topi hitam bertuliskan Dishub. Di lengan kirinya terdapat ban lengan berwarna biru tua dengan logo daerah Kabupaten Lombok Barat, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pria tersebut terlihat menghapus tulisan "parkir gratis" dan imbauan keamanan dari papan informasi yang terpasang di dinding minimarket, menggunakan pilox berwarna putih. Rekaman juga memperlihatkan terdengarnya suara orang lain yang mungkin rekan pria tersebut, meminta agar semua tulisan di papan tersebut dihapus tanpa sisa.

Video tersebut telah menarik perhatian lebih dari 1,9 juta penonton hingga berita ini ditulis pada Sabtu, 29 Juni 2024, dengan banyaknya komentar negatif terkait tindakan yang dilakukan oleh oknum Dishub tersebut.

Sayangnya saat ini, belum ada penjelasan resmi dari pihak Dishub Lombok Barat mengenai motif di balik penghapusan tulisan tersebut dari minimarket.

#reelsnews #videoviral #beritaviral #viral #dailypostid
  • Kepala Bandara Kolaka yang Dikenal dengan Sebutan 'Om Botak' dan Undang YouTuber Korea ke Hotel Akhirnya Dibebastugaskan

Kementerian Perhubungan telah memutuskan untuk membebastugaskan Asri Damuna, yang menjabat sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Keputusan ini diambil setelah video yang melibatkan Asri Damuna menjadi viral dan menimbulkan banyak perhatian. Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, menjelaskan bahwa pembebastugasan tersebut dilakukan untuk memudahkan penyelidikan lebih lanjut terkait konten video yang viral tersebut.

"Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan kejadian yang terjadi dan telah membebastugaskan yang bersangkutan untuk proses penyelidikan dan tindakan lanjut," ungkap Adita, di Jakarta, pada Jumat (10/5/2024).

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah memerintahkan agar kebenaran dari berita yang menjadi viral tersebut segera diusut, dan jika terbukti bersalah, sanksi yang tegas akan diberikan. Saat ini, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sedang dilakukan.

"Jika terbukti benar, maka yang bersangkutan tidak akan dapat mempertahankan jabatannya sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal yang akan dijatuhkan terkait masalah ini," tambah Adita.

Sebelumnya, video tersebut menampilkan seorang Youtuber asal Korea Selatan, Jiah, sedang berlibur di Manado, Sulawesi Utara. Dalam video tersebut, seorang pria yang mengaku bernama Albert dan diduga sebagai Asri Damuna, mendatangi meja tempat Jiah sedang makan di sebuah restoran.

Pria tersebut kemudian mengajak Jiah untuk ikut ke hotelnya. Video tersebut kemudian diunggah oleh Jiah ke akun media sosialnya.

"Kementerian Perhubungan berharap agar kejadian serupa tidak akan terulang lagi di masa mendatang. Kami mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara untuk tetap menjaga marwah dan etika sebagai pegawai pemerintah," tutup Adita.

Sumber: [Tribunnews.com]

#dailypostid #viral #beritaviral
  • Siap-siap untuk kejutan besar! Superstar Prancis, Kylian Mbappe, akan segera bergabung dengan Real Madrid di tengah kabar pemotongan gaji yang cukup besar di klub barunya.

Mbappe telah memastikan bahwa musim 2023/2024 akan menjadi musim terakhirnya bersama Paris Saint-Germain. Lewat sebuah video yang memikat, pemenang Piala Dunia 2018 itu mengumumkan kepergiannya karena kontraknya akan selesai pada bulan Juni ini.

Madrid muncul sebagai destinasi besar bagi Mbappe. Raksasa Spanyol itu diyakini telah menyelesaikan kesepakatan dengan pemain itu jauh sebelum gosip tersebut mencuat ke permukaan.

Menurut laporan AS, Mbappe diproyeksikan menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Real Madrid. Gajinya disebut-sebut mencapai 25 juta euro per tahun, melebihi pemain-pemain seperti David Alaba, Toni Kroos, dan Jude Bellingham, yang mendapatkan sekitar 10,8 juta euro per tahun.

Namun, gaji Mbappe di Madrid jauh lebih rendah dari masa-masa di PSG. Setelah menandatangani kontrak baru pada tahun 2022, penyerang berusia 25 tahun itu disebut menerima gaji kotor sebesar 6 juta euro per bulan, atau 72 juta euro per tahun.

Dalam perhitungan kasar, ini berarti Mbappe akan kehilangan sekitar 800 miliar rupiah setiap tahunnya.

Dengan hanya tersisa empat pertandingan bersama PSG, pertandingan melawan Toulouse pada Senin (13/5) dini hari WIB menjadi kesempatan terakhir Mbappe untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para pendukungnya di Parc des Princes."

sumber: sports.detik.com

--------------------

Dailypost.id adalah media online lokal Gorontalo dengan slogan Media Siber Millennial. Dailypost.id juga menyajikan berita Nasional hingga Internasional terbaru, terkini dan video yang lagi viral.

Kunjungi Website resmi: www.dailypost.id

Follow kami di media sosial lainnya:

Facebook: @dailypost.id
Tiktok: @dailypost.id

--------------------

Tag default:

#dailypostid
#mediadailypostid
#beritaviral
#beritaterkini
#beritaolahraga
#beritaesports
#beritabisnis
#videoviral
#infotainment
#tipsdantrik
#mediadanhiburan
#mediaonline
#beritapolitik
#beritakriminal
#beritaperistiwa
#gorontalonews
#beritagorontalo
#beritaindonesia
#medialokalgorontalo
#karuniamediakreatif
#videohiburan
  • Memiliki fundamental kinerja yang kuat, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI masuk ke dalam daftar "20 Top Companies to Watch in 2024" atau "20 Perusahaan Top yang Perlu Diperhatikan Tahun 2024'.
Hasil ini diperoleh dari analisa salah satu media terhadap lebih dari 900 perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) di berbagai sektor, mulai keuangan hingga teknologi. Analisa ini kemudian digabungkan dengan riset Bloomberg International, termasuk proyeksi dan outlook ke depan.

Berdasarkan konsensus Bloomberg, sebanyak 34 analis memberi rekomendasi Beli saham BBRI, dan hanya 1 analis rekomendasikan Tahan. Konsensus menghasilkan target harga potensial saham BBRI dapat mencapai Rp 6.414,64 untuk 12 bulan ke depan.

Konsensus menghasilkan target harga potensial saham BBRI dapat mencapai Rp 6.414,64 untuk 12 bulan ke depan.

Hal tersebut tak lepas dari catatan kinerja BRI pada Triwulan I 2024 yang positif di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan.

sumber: cnbc

#dailypostid #gorontalonews
  • Rum Pagau, Bakal Calon Bupati Boalemo dari Partai @official_nasdem Sebut PERS Suka Fitnah Karena Duit.

#gorontalonews #rumpagau #nasdem #boalemo #dailypostid #beritagorontalo
  • Sebagai generasi muda pasti sudah familiar menggunakan media sosial karena dapat digunakan untuk menyebarkan ide, berbagi informasi, dan membangun relasi. Tetapi dibalik itu, media sosial memiliki dampak negatif seperti penyebaran hoaks, perilaku mengintimidasi seseorang, hingga kecanduan bermedia sosial. Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk menjadi bijak dalam bermedia sosial?

Simak lebih lanjut pada Webinar “Generasi Muda, Yuk Bijak dalam Bermedia Sosial!” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Senin, 06 Mei 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍: Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi0605

Gabung dan ikuti Talkshow #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo . 

#MakinCakapDigital
  • Dengan berkembangnya Internet dan teknologi digital, membuka peluang bagi masyarakat untuk memaksimalkan hobi yang mereka miliki menjadi sumber pendapatan. Berbekal kreativitas dan pengetahuan yang tepat, masyarakat mampu menghasilkan uang dari aktivitas yang mereka nikmati. Namun, kamu juga perlu mengetahui etika yang perlu diterapkan berbisnis di media digital. Lalu, bagaimana etika dalam berbisnis dan tips mendapatkan cuan lewat hobi di media sosial?

Simak lebih lanjut pada webinar “Inspirasi Bisnis: Ubah Hobi Jadi Cuan Lewat Media Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Senin, 22 April 2024
⏰: 18.30-20.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2204-2

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
  • Seberapa sering kamu menggunakan uang digital untuk bertransaksi online? Seiring berkembangnya teknologi, banyak masyarakat yang berpindah dari pembayaran tunai ke digital. Penggunaan uang digital membantu untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan aman tanpa perlu khawatir lupa membawa uang tunai. Namun, sadarkah kamu akan pentingnya menjaga privasi dan keamanan dalam menggunakan platform transaksi digital? 

Simak lebih lanjut pada webinar “Transformasi Keuangan: Uang Digital dan Transaksi Online”  yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Kamis, 18 April 2024
⏰: 18.30-20.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1804-2

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
  • Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks?

Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 17 April 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Seorang oknum anggota Dinas Perhubungan (Dishub) menjadi sorotan setelah terlihat dalam rekaman video menghapus tulisan "parkir gratis" di sebuah minimarket, yang kemudian viral di media sosial. Video yang pertama kali dibagikan oleh akun TikTok @sekotongmendunia pada Kamis, 27 Juni 2024, menunjukkan seorang pria mengenakan rompi oranye dan topi hitam bertuliskan Dishub. Di lengan kirinya terdapat ban lengan berwarna biru tua dengan logo daerah Kabupaten Lombok Barat, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pria tersebut terlihat menghapus tulisan "parkir gratis" dan imbauan keamanan dari papan informasi yang terpasang di dinding minimarket, menggunakan pilox berwarna putih. Rekaman juga memperlihatkan terdengarnya suara orang lain yang mungkin rekan pria tersebut, meminta agar semua tulisan di papan tersebut dihapus tanpa sisa. Video tersebut telah menarik perhatian lebih dari 1,9 juta penonton hingga berita ini ditulis pada Sabtu, 29 Juni 2024, dengan banyaknya komentar negatif terkait tindakan yang dilakukan oleh oknum Dishub tersebut. Sayangnya saat ini, belum ada penjelasan resmi dari pihak Dishub Lombok Barat mengenai motif di balik penghapusan tulisan tersebut dari minimarket. #reelsnews #videoviral #beritaviral #viral #dailypostid
4 minggu ago
View on Instagram |
1/9
Kepala Bandara Kolaka yang Dikenal dengan Sebutan 'Om Botak' dan Undang YouTuber Korea ke Hotel Akhirnya Dibebastugaskan Kementerian Perhubungan telah memutuskan untuk membebastugaskan Asri Damuna, yang menjabat sebagai Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Sangia Nibandera Kolaka, Sulawesi Tenggara. Keputusan ini diambil setelah video yang melibatkan Asri Damuna menjadi viral dan menimbulkan banyak perhatian. Adita Irawati, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, menjelaskan bahwa pembebastugasan tersebut dilakukan untuk memudahkan penyelidikan lebih lanjut terkait konten video yang viral tersebut. "Kementerian Perhubungan sangat menyesalkan kejadian yang terjadi dan telah membebastugaskan yang bersangkutan untuk proses penyelidikan dan tindakan lanjut," ungkap Adita, di Jakarta, pada Jumat (10/5/2024). Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, telah memerintahkan agar kebenaran dari berita yang menjadi viral tersebut segera diusut, dan jika terbukti bersalah, sanksi yang tegas akan diberikan. Saat ini, pemeriksaan terhadap yang bersangkutan sedang dilakukan. "Jika terbukti benar, maka yang bersangkutan tidak akan dapat mempertahankan jabatannya sebagai Aparatur Sipil Negara. Kemungkinan akan ada sanksi internal yang akan dijatuhkan terkait masalah ini," tambah Adita. Sebelumnya, video tersebut menampilkan seorang Youtuber asal Korea Selatan, Jiah, sedang berlibur di Manado, Sulawesi Utara. Dalam video tersebut, seorang pria yang mengaku bernama Albert dan diduga sebagai Asri Damuna, mendatangi meja tempat Jiah sedang makan di sebuah restoran. Pria tersebut kemudian mengajak Jiah untuk ikut ke hotelnya. Video tersebut kemudian diunggah oleh Jiah ke akun media sosialnya. "Kementerian Perhubungan berharap agar kejadian serupa tidak akan terulang lagi di masa mendatang. Kami mengingatkan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara untuk tetap menjaga marwah dan etika sebagai pegawai pemerintah," tutup Adita. Sumber: [Tribunnews.com] #dailypostid #viral #beritaviral
3 bulan ago
View on Instagram |
2/9
Siap-siap untuk kejutan besar! Superstar Prancis, Kylian Mbappe, akan segera bergabung dengan Real Madrid di tengah kabar pemotongan gaji yang cukup besar di klub barunya.

Mbappe telah memastikan bahwa musim 2023/2024 akan menjadi musim terakhirnya bersama Paris Saint-Germain. Lewat sebuah video yang memikat, pemenang Piala Dunia 2018 itu mengumumkan kepergiannya karena kontraknya akan selesai pada bulan Juni ini.

Madrid muncul sebagai destinasi besar bagi Mbappe. Raksasa Spanyol itu diyakini telah menyelesaikan kesepakatan dengan pemain itu jauh sebelum gosip tersebut mencuat ke permukaan.

Menurut laporan AS, Mbappe diproyeksikan menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Real Madrid. Gajinya disebut-sebut mencapai 25 juta euro per tahun, melebihi pemain-pemain seperti David Alaba, Toni Kroos, dan Jude Bellingham, yang mendapatkan sekitar 10,8 juta euro per tahun.

Namun, gaji Mbappe di Madrid jauh lebih rendah dari masa-masa di PSG. Setelah menandatangani kontrak baru pada tahun 2022, penyerang berusia 25 tahun itu disebut menerima gaji kotor sebesar 6 juta euro per bulan, atau 72 juta euro per tahun.

Dalam perhitungan kasar, ini berarti Mbappe akan kehilangan sekitar 800 miliar rupiah setiap tahunnya.

Dengan hanya tersisa empat pertandingan bersama PSG, pertandingan melawan Toulouse pada Senin (13/5) dini hari WIB menjadi kesempatan terakhir Mbappe untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para pendukungnya di Parc des Princes."

sumber: sports.detik.com

--------------------

Dailypost.id adalah media online lokal Gorontalo dengan slogan Media Siber Millennial. Dailypost.id juga menyajikan berita Nasional hingga Internasional terbaru, terkini dan video yang lagi viral.

Kunjungi Website resmi: www.dailypost.id

Follow kami di media sosial lainnya:

Facebook: @dailypost.id
Tiktok: @dailypost.id

--------------------

Tag default:

#dailypostid
#mediadailypostid
#beritaviral
#beritaterkini
#beritaolahraga
#beritaesports
#beritabisnis
#videoviral
#infotainment
#tipsdantrik
#mediadanhiburan
#mediaonline
#beritapolitik
#beritakriminal
#beritaperistiwa
#gorontalonews
#beritagorontalo
#beritaindonesia
#medialokalgorontalo
#karuniamediakreatif
#videohiburan
Siap-siap untuk kejutan besar! Superstar Prancis, Kylian Mbappe, akan segera bergabung dengan Real Madrid di tengah kabar pemotongan gaji yang cukup besar di klub barunya. Mbappe telah memastikan bahwa musim 2023/2024 akan menjadi musim terakhirnya bersama Paris Saint-Germain. Lewat sebuah video yang memikat, pemenang Piala Dunia 2018 itu mengumumkan kepergiannya karena kontraknya akan selesai pada bulan Juni ini. Madrid muncul sebagai destinasi besar bagi Mbappe. Raksasa Spanyol itu diyakini telah menyelesaikan kesepakatan dengan pemain itu jauh sebelum gosip tersebut mencuat ke permukaan. Menurut laporan AS, Mbappe diproyeksikan menjadi pemain dengan gaji tertinggi di Real Madrid. Gajinya disebut-sebut mencapai 25 juta euro per tahun, melebihi pemain-pemain seperti David Alaba, Toni Kroos, dan Jude Bellingham, yang mendapatkan sekitar 10,8 juta euro per tahun. Namun, gaji Mbappe di Madrid jauh lebih rendah dari masa-masa di PSG. Setelah menandatangani kontrak baru pada tahun 2022, penyerang berusia 25 tahun itu disebut menerima gaji kotor sebesar 6 juta euro per bulan, atau 72 juta euro per tahun. Dalam perhitungan kasar, ini berarti Mbappe akan kehilangan sekitar 800 miliar rupiah setiap tahunnya. Dengan hanya tersisa empat pertandingan bersama PSG, pertandingan melawan Toulouse pada Senin (13/5) dini hari WIB menjadi kesempatan terakhir Mbappe untuk mengucapkan selamat tinggal kepada para pendukungnya di Parc des Princes." sumber: sports.detik.com -------------------- Dailypost.id adalah media online lokal Gorontalo dengan slogan Media Siber Millennial. Dailypost.id juga menyajikan berita Nasional hingga Internasional terbaru, terkini dan video yang lagi viral. Kunjungi Website resmi: www.dailypost.id Follow kami di media sosial lainnya: Facebook: @dailypost.id Tiktok: @dailypost.id -------------------- Tag default: #dailypostid #mediadailypostid #beritaviral #beritaterkini #beritaolahraga #beritaesports #beritabisnis #videoviral #infotainment #tipsdantrik #mediadanhiburan #mediaonline #beritapolitik #beritakriminal #beritaperistiwa #gorontalonews #beritagorontalo #beritaindonesia #medialokalgorontalo #karuniamediakreatif #videohiburan
3 bulan ago
View on Instagram |
3/9
Memiliki fundamental kinerja yang kuat, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI masuk ke dalam daftar "20 Top Companies to Watch in 2024" atau "20 Perusahaan Top yang Perlu Diperhatikan Tahun 2024'.
Hasil ini diperoleh dari analisa salah satu media terhadap lebih dari 900 perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) di berbagai sektor, mulai keuangan hingga teknologi. Analisa ini kemudian digabungkan dengan riset Bloomberg International, termasuk proyeksi dan outlook ke depan.

Berdasarkan konsensus Bloomberg, sebanyak 34 analis memberi rekomendasi Beli saham BBRI, dan hanya 1 analis rekomendasikan Tahan. Konsensus menghasilkan target harga potensial saham BBRI dapat mencapai Rp 6.414,64 untuk 12 bulan ke depan.

Konsensus menghasilkan target harga potensial saham BBRI dapat mencapai Rp 6.414,64 untuk 12 bulan ke depan.

Hal tersebut tak lepas dari catatan kinerja BRI pada Triwulan I 2024 yang positif di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan.

sumber: cnbc

#dailypostid #gorontalonews
Memiliki fundamental kinerja yang kuat, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI masuk ke dalam daftar "20 Top Companies to Watch in 2024" atau "20 Perusahaan Top yang Perlu Diperhatikan Tahun 2024'. Hasil ini diperoleh dari analisa salah satu media terhadap lebih dari 900 perusahaan yang melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) di berbagai sektor, mulai keuangan hingga teknologi. Analisa ini kemudian digabungkan dengan riset Bloomberg International, termasuk proyeksi dan outlook ke depan. Berdasarkan konsensus Bloomberg, sebanyak 34 analis memberi rekomendasi Beli saham BBRI, dan hanya 1 analis rekomendasikan Tahan. Konsensus menghasilkan target harga potensial saham BBRI dapat mencapai Rp 6.414,64 untuk 12 bulan ke depan. Konsensus menghasilkan target harga potensial saham BBRI dapat mencapai Rp 6.414,64 untuk 12 bulan ke depan. Hal tersebut tak lepas dari catatan kinerja BRI pada Triwulan I 2024 yang positif di tengah dinamika kondisi ekonomi dan geopolitik global yang penuh dengan tantangan. sumber: cnbc #dailypostid #gorontalonews
3 bulan ago
View on Instagram |
4/9
Rum Pagau, Bakal Calon Bupati Boalemo dari Partai @official_nasdem Sebut PERS Suka Fitnah Karena Duit. #gorontalonews #rumpagau #nasdem #boalemo #dailypostid #beritagorontalo
3 bulan ago
View on Instagram |
5/9
Sebagai generasi muda pasti sudah familiar menggunakan media sosial karena dapat digunakan untuk menyebarkan ide, berbagi informasi, dan membangun relasi. Tetapi dibalik itu, media sosial memiliki dampak negatif seperti penyebaran hoaks, perilaku mengintimidasi seseorang, hingga kecanduan bermedia sosial. Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk menjadi bijak dalam bermedia sosial?

Simak lebih lanjut pada Webinar “Generasi Muda, Yuk Bijak dalam Bermedia Sosial!” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Senin, 06 Mei 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍: Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi0605

Gabung dan ikuti Talkshow #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo . 

#MakinCakapDigital
Sebagai generasi muda pasti sudah familiar menggunakan media sosial karena dapat digunakan untuk menyebarkan ide, berbagi informasi, dan membangun relasi. Tetapi dibalik itu, media sosial memiliki dampak negatif seperti penyebaran hoaks, perilaku mengintimidasi seseorang, hingga kecanduan bermedia sosial. Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk menjadi bijak dalam bermedia sosial?

Simak lebih lanjut pada Webinar “Generasi Muda, Yuk Bijak dalam Bermedia Sosial!” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Senin, 06 Mei 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍: Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi0605

Gabung dan ikuti Talkshow #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo . 

#MakinCakapDigital
Sebagai generasi muda pasti sudah familiar menggunakan media sosial karena dapat digunakan untuk menyebarkan ide, berbagi informasi, dan membangun relasi. Tetapi dibalik itu, media sosial memiliki dampak negatif seperti penyebaran hoaks, perilaku mengintimidasi seseorang, hingga kecanduan bermedia sosial. Lalu, bagaimana langkah yang tepat untuk menjadi bijak dalam bermedia sosial? Simak lebih lanjut pada Webinar “Generasi Muda, Yuk Bijak dalam Bermedia Sosial!” yang akan dilaksanakan pada: 🗓: Senin, 06 Mei 2024 ⏰: 13.30-15.30 WITA 📍: Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi0605 Gabung dan ikuti Talkshow #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo . #MakinCakapDigital
3 bulan ago
View on Instagram |
6/9
Dengan berkembangnya Internet dan teknologi digital, membuka peluang bagi masyarakat untuk memaksimalkan hobi yang mereka miliki menjadi sumber pendapatan. Berbekal kreativitas dan pengetahuan yang tepat, masyarakat mampu menghasilkan uang dari aktivitas yang mereka nikmati. Namun, kamu juga perlu mengetahui etika yang perlu diterapkan berbisnis di media digital. Lalu, bagaimana etika dalam berbisnis dan tips mendapatkan cuan lewat hobi di media sosial?

Simak lebih lanjut pada webinar “Inspirasi Bisnis: Ubah Hobi Jadi Cuan Lewat Media Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Senin, 22 April 2024
⏰: 18.30-20.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2204-2

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Dengan berkembangnya Internet dan teknologi digital, membuka peluang bagi masyarakat untuk memaksimalkan hobi yang mereka miliki menjadi sumber pendapatan. Berbekal kreativitas dan pengetahuan yang tepat, masyarakat mampu menghasilkan uang dari aktivitas yang mereka nikmati. Namun, kamu juga perlu mengetahui etika yang perlu diterapkan berbisnis di media digital. Lalu, bagaimana etika dalam berbisnis dan tips mendapatkan cuan lewat hobi di media sosial?

Simak lebih lanjut pada webinar “Inspirasi Bisnis: Ubah Hobi Jadi Cuan Lewat Media Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Senin, 22 April 2024
⏰: 18.30-20.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2204-2

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Dengan berkembangnya Internet dan teknologi digital, membuka peluang bagi masyarakat untuk memaksimalkan hobi yang mereka miliki menjadi sumber pendapatan. Berbekal kreativitas dan pengetahuan yang tepat, masyarakat mampu menghasilkan uang dari aktivitas yang mereka nikmati. Namun, kamu juga perlu mengetahui etika yang perlu diterapkan berbisnis di media digital. Lalu, bagaimana etika dalam berbisnis dan tips mendapatkan cuan lewat hobi di media sosial? Simak lebih lanjut pada webinar “Inspirasi Bisnis: Ubah Hobi Jadi Cuan Lewat Media Digital” yang akan dilaksanakan pada: 🗓: Senin, 22 April 2024 ⏰: 18.30-20.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi2204-2 Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
3 bulan ago
View on Instagram |
7/9
Seberapa sering kamu menggunakan uang digital untuk bertransaksi online? Seiring berkembangnya teknologi, banyak masyarakat yang berpindah dari pembayaran tunai ke digital. Penggunaan uang digital membantu untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan aman tanpa perlu khawatir lupa membawa uang tunai. Namun, sadarkah kamu akan pentingnya menjaga privasi dan keamanan dalam menggunakan platform transaksi digital? 

Simak lebih lanjut pada webinar “Transformasi Keuangan: Uang Digital dan Transaksi Online”  yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Kamis, 18 April 2024
⏰: 18.30-20.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1804-2

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Seberapa sering kamu menggunakan uang digital untuk bertransaksi online? Seiring berkembangnya teknologi, banyak masyarakat yang berpindah dari pembayaran tunai ke digital. Penggunaan uang digital membantu untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan aman tanpa perlu khawatir lupa membawa uang tunai. Namun, sadarkah kamu akan pentingnya menjaga privasi dan keamanan dalam menggunakan platform transaksi digital? 

Simak lebih lanjut pada webinar “Transformasi Keuangan: Uang Digital dan Transaksi Online”  yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Kamis, 18 April 2024
⏰: 18.30-20.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1804-2

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Seberapa sering kamu menggunakan uang digital untuk bertransaksi online? Seiring berkembangnya teknologi, banyak masyarakat yang berpindah dari pembayaran tunai ke digital. Penggunaan uang digital membantu untuk melakukan pembayaran dengan cepat dan aman tanpa perlu khawatir lupa membawa uang tunai. Namun, sadarkah kamu akan pentingnya menjaga privasi dan keamanan dalam menggunakan platform transaksi digital? Simak lebih lanjut pada webinar “Transformasi Keuangan: Uang Digital dan Transaksi Online” yang akan dilaksanakan pada: 🗓: Kamis, 18 April 2024 ⏰: 18.30-20.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi1804-2 Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
3 bulan ago
View on Instagram |
8/9
Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks?

Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 17 April 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks?

Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 17 April 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks? Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 🗓: Rabu, 17 April 2024 ⏰: 13.30-15.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1 Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
4 bulan ago
View on Instagram |
9/9

FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id
ekakraf multimedia