Tunjang Kinerja Tenaga Kesehatan, Dikes Gorut Usul Rp7 Miliar di APBD-P Tahun 2020

DAILYPOST.ID, Gorut – Guna memaksimalkan penanganan dan penanggulangan Covid-19, Dinas Kesehatan (Dikes) Gorut mengajukan anggaran sebesar Rp7 Miliar pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun 2020.

Kepala Dikes Gorut, Rizal Yusuf Kune saat dihubungi via Whatsapp mengungkapkan, usulan itu diperuntukan pada pembayaran instentif tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19.

“Kami (dikes-red) telah mengajukan sebesar Rp7 Miliar. Itu untuk pembayaran insentif mereka (tenaga kesehatan) hingga akhir tahun 2020. Ini untuk menunjang kinerja mereka sebagai garda terdepan,” kata Kadis Rizal, Minggu (26/7/2020).

Adapun alokasi anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat tambah Rizal, yakni sebesar Rp1,6 Miliar.

Khusus anggaran yang diusul pada APBD-P 2020 ini, terdiri dari insentif untuk karantina, tenaga, serta pemantauan di wilayah perbatasan daerah.

Sementara itu, tenaga kesehatan yang bertugas di puskesmas juga akan mendapatkan insentif yang bersumber dari Bantuan Operasional (BOK).

“Nah, bantuan itu (BOK) terdiri dari biaya transportasi perjalanan dinas dan konsumsi mereka (petugas puskesmas),” pungkasnya.

Rizal berharap, anggaran yang diajukan untuk pembayaran insentif tersebut bisa disetujui pada APBD-P 2020. (daily02)







Sablon Kaos Satuan di Gorontalo