Gorontalo — “Sambil menyelam minum air”. Peribahasa ini menggambarkan pengalaman Fardy dalam mengelola dua bidang usaha sekaligus di waktu yang bersamaan. Pria 32 tahun itu, berhasil membangun usahanya di bidang hantaran dan mahar pernikahan serta di bidang gadai barang.
Meski masih terbilang muda dan baru dalam membangun usahanya, lulusan S1 ekonomi Universitas Bandung Raya itu sukses menjalankan keduanya dengan mudah berkat bantuan IBBIZ.
Ya, IBBIZ adalah singkatan dari Internet Banking Bisnis dari BRI yang dapat memberikan kemudahan bagi Fardy dalam mengelola keuangan bisnisnya, termasuk dalam hal membayar gaji karyawan.
“Dengan IBBIZ, saya dapat dengan mudah dan praktis mengelola transaksi keuangan dua usaha ini,” tutur Fardy, Kamis (25/04/2024).
Di awal menjalankan bisnisnya pada 2023, Fardy sempat merasa frustasi dan kewalahan dalam mengelola keuangan. Seiring berjalannya waktu, Ia merasa perlu untuk mengatur keuangan bisnisnya dengan lebih efisien dan terorganisir. Itulah mengapa ia memutuskan untuk menggunakan IBBIZ dari BRI, layanan internet banking yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan bisnis UMKM dan ritel.
Salah satu fitur yang paling penting bagi Fardy adalah fitur untuk membayar gaji karyawan. Dengan IBBIZ, ia dapat melakukan transfer ke banyak rekening sekaligus melalui fitur transfer massal.
“Menggaji karyawan bukanlah tugas yang ringan, tetapi dengan bantuan IBBIZ BRI, saya dapat melakukan pembayaran gaji secara massal dengan mudah,” jelas Fardy.
Fardy mengaku sangat terbantu dengan kemudahan yang IBBIZ tawarkan. Sebagai seorang pengusaha dengan masing-masing 7 karyawan di bidang hantaran dan mahar pernikahan serta 10 karyawan di bidang gadai barang, mengelola pembayaran gaji menjadi pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan efisiensi. Namun, dengan IBBIZ, Fardy dapat melaksanakan tugas tersebut dengan cepat, efisien, dan akurat.
Fardy tidak perlu lagi mengeluarkan waktu dan tenaga untuk melakukan transfer gaji satu per satu, karena hanya dengan beberapa langkah dalam IBBIZ, semua karyawan dapat menerima pembayaran gaji secara bersamaan. Sehingga ia dapat fokus pada aspek lain dalam pengembangan bisnis.
“Saya hanya perlu masukkan data rekening karyawan, pilih jadwal transaksi, dan konfirmasi. Semuanya dapat dilakukan dalam hitungan menit,” ucapnya.
Menurut Pimpinan BRI Cabang Limboto, Dede Sujana, IBBIZ BRI adalah layanan yang dihadirkan untuk mendukung para pengusaha dalam mengelola keuangan bisnis mereka dengan lebih efisien.
“Kami sangat senang melihat bagaimana layanan IBBIZ BRI telah memberikan manfaat bagi pengusaha-pengusaha seperti Fardy dalam mengelola bisnis mereka. BRI terus berkomitmen untuk menyediakan solusi perbankan terbaik untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan ritel di Indonesia,” kata Dede.
Dede pun mengapresiasi keputusan Fardy untuk memperluas bidang usaha dan menggunakan IBBIZ BRI sebagai alat untuk mengelola keuangan bisnisnya.
“Ini adalah contoh nyata dari bagaimana pengusaha sukses selalu mencari peluang baru dan mengadopsi teknologi terkini untuk memajukan bisnis mereka.,” ujarnya.
Dengan menggunakan IBBIZ BRI, nasabah dapat melakukan transaksi finansial dan non finansial dengan IBBIZ antara lain manajemen profil, pengelolaan pengguna, pengelolaan alur kerja, informasi saldo.
Mereka juga bisa mengecek informasi rekening, transfer, kliring, RTGS, transfer massal, informasi transfer, DO Pertamina, pembayaran kartu kredit, pembayaran BRIVA, pembelian pulsa seluler, pembayaran tagihan telepon, BRIZZI, Billing Management.
“Dengan kata lain, IBBIZ BRI ini akan sangat membantu pelaku usaha kecil menengah untuk memantau cashflow usaha mereka agar lebih tertib,” jelas Dede.
Ada beberapa keuntungan yang akan didapat oleh pelaku UMKM di Indonesia apabila mereka menggunakan iBBIZ BRI. Berikut adalah beberapa keuntungan diantaranya:
- Limit tinggi, berbeda dengan BRImo yang banyak dipakai untuk transaksi pada umumnya.
- Bantuan pembuatan tagihan
- Bantuan pembayaran gaji karyawan
- Ada soft Token
Syarat Pendaftaran iBBIZ BRI
- Nasabah wajib memiliki rekening BRI Simpedes Usaha, Simpedes Usaha Ekstra, Britama Bisnis dan Giro berkartu.
- Nasabah dapat melakukan pendaftaran melalui website IBBIZ https://biz.bri.co.id.
- Selanjutnya nasabah melakukan pendaftaran IBBIZ melalui Unit Kerja Operasional Bank BRI (Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas dan BRI Unit).
- Nasabah diwajibkan melampirkan kelengkapan dokumen pendaftaran sebagai berikut :
Untuk nasabah perorangan : Kartu Identitas ( WNI : KTP dan NPWP; WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS), Bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan dan Kartu Debit BRI).
Untuk Nasabah Badan Usaha : Kartu Identitas ( WNI : KTP dan NPWP; WNA : Paspor dan KIMS/KITAP/KITAS), Bukti kepemilikan rekening (Buku Tabungan dan Kartu Debit BRI), Dokumen kepemilikan Izin Usaha (Akta Pendirian dan Akta Perubahan Terakhir, NPWP, SIUP atau TDP da Izin usaha lainnya). - Nantinya, nasabah akan mendapat nomor Referensi Registrasi dari pendaftaran melalui website IBBIZ.
- Nasabah menyetujui syarat dan ketentuan IBBIZ dan menandatanganinya.
- Client mendapatkan pemberitahuan Corporate ID, User ID dan Password first time login untuk User Admin dan User Signer yang dikirimkan ke email masing-masing User.
- Dalam pengoperasian layanan IBBIZ hanya dapat melalui website https://biz.bri.co.id, Client pertama kali wajib mengganti dengan Password baru yang hanya diketahui oleh User Admin dan User Signer.
- Selanjutnya nasabah dapat mengunduh aplikasi Soft Token IBBIZ melalui Playstore dan atau Appstore, selanjutnya melakukan aktivasi soft token.
- Rekening dalam satu kelolaan akun/CIF otomatis akan muncul pada halaman IBBIZ dan dapat digunakan untuk transaksi.
- Setiap pengubahan dan penghapusan data Client, User Admin, User Signer maka wajib mengisi formulir IBBIZ BRI dan atau surat serta dokumen yang ditetapkan oleh Bank BRI.
Cara mendaftar iBBIZ BRI
- Akses laman IBBIZ di https://newbiz.bri.co.id/register
- Masukkan semua informasi yang diminta.
- Pada hari yang sama, Anda akan mendapatkan notifikasi pendaftaran iBBIZ BRI jika syarat yang Anda masukan lengkap.
(Vita Pakai)