Kadisdik Irwan Monitoring Ujian Akhir SD – SMP

Resize_20220521_163340_0758-836c1121

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mulai dilaksanakan pada Selasa (17/05/2022).

Untuk sistim pelaksanaan pengawasan ujian, Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), menggunakan sistim pengawasan silang, dimana untuk tingkat SMP diberlakukan pengawasan silang mata pelajaran.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gorut, Irwan Abudi Usman, M.Pd, usai melaksanakan monitoring pelaksanaan ujian di sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Kwandang.

Menurut Irwan, pelaksanaan ujian diagendakan hingga tanggal 24 Mey 2022 mendatang, secara estafet dan terpusat di masing-masing sekolah.

“Jika yang sementara diujiankan mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka yang mengawasi adalah guru dari mata pelajaran lain, tetapi masih dari sekolah yang sama,” ujar Irwan.

Sementara itu Irwan mengatan, khusus untuk siswa SD, yang diberlakukan adalah sistim pengawasan silang sekolah. Mengingat rata-rata guru SD adalah guru kelas.

“Jadi sekolah A diawasi guru sekolah B, dan sekolah B diawasi oleh guru sekolah C. Sehingga hal itu bisa memberikan jaminan bahwa sistim pengawasannya begitu ketat,” ungkapnya.

Sementara untuk letak tempat duduk, kata Irwan, pihak Disdik Gorut tetap mengacu pada standar nasional, yakni maksimal 20 tempat duduk di setiap ruang ujian.

“Jadi kalau misalnya yang ikut ujian ada 21 siswa, maka 1 orang siswa ditempatkan pada 1 ruangan terpisah dari 20 siswa lainnya, sehingga menjadi 2 kelas,” jelas Kadisdik.

Irwan juga menegaskan, meski pelaksanaan ujian belum berbasis komputer, tetapi dirinya memastikan bahwa naskah soal dalam ujian, butir-butirnya sebagai alat ukur untuk standar kompetensi siswa naik pada setiap jenjang. (Daily05)



iklan cakades
Bagikan ke media sosial