Lembaga Sertifikasi Profesi UG Lakukan Verifikasi Dokumen Calon Asesi

DAILYPOST.ID – Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Universitas Gorontalo (UG) melakukan verifikasi dokumen dan ikut membantu memfalisitasi pengisian format pendaftaran hingga formulir APL-01 dan APL-02, Jumat (11/9/2020).

Kedua formulir tersebut merupakan salah satu bagian format tetap dari Badan Nasional (BN) LSP, yang menjadi langkah awal untuk menjadi calon Asesi (Peserta yang ingin disertifikasi kompetensinya).

APL-01 dan APL-02 sendiri berisi tentang biodata pribadi calon Asesi sesuai persyaratan yang telah ditentukan.

Direktur LSP UG, Mohammad Rajib Naki, S.ST., M.Si mengatakan, verifikasi dokumen adalah prosedur penting yang wajib dilakukan untuk menjadi Asesi.

Dirinya mengatakan, LSP dalam menfasilitasi mahasiswa pasca sarjana angkatan V, magister manajemen.

“Jadi dengan ini, harus diakui bahwa LSP itu di pelaksanaan uji untuk angkatan pertamanya dimulai dari pasca sarjana, sambil menunggu asesi S1 yang akan dimulai pada semester lain,” kata Rajib, sapaan akrab Direktur LSP UG.

Sambil menunggu itu, lanjut Rajib, LSP akan menerima permohonan dari kaprodi magister manajemen, guna memfasilitasi mahasiswanya untuk mengikuti ujian sertifikasi kompetensi sesuai dengan mandat rektor Nomor 24 tahun 2020, tentang kewajiban seluruh mahasiswa UG untuk mengikuti dan mendapatkan sertifikat kompetensi.

“Nah, untuk APL-02 berisi tentang Asesmen mandiri, yang mana menjadi penilaian awal bagi Assesor kompetensi untuk mengukur sejauh mana calon Asesi itu menilai Asesmennya sendiri. Sebelum dilaksanakan uji kompetensi terhadap asesi maka APL-01 dan APL-02 itu memang menjadi 1 bagian yang tidak bisa dipisahkan. Apalagi untuk menjadi Asesi di LSP Indonesia yang mana menjadi keharusan dan kewajiban,” tandasnya.

Lebih lanjut Rajib menjelaskan, sesi calon Asesi akan menunggu penjadwalan untuk pra asemen sampai pada pelaksanaan. Dan kemudian dilanjutkan dengan rapat pleno, hingga calon asesi tersebut bisa mendapatkan sertifikat.

Direktur LSP UG itupun berharap, semua stakeholder dan mitra yang ada di lingkungan UG, umumnya di dunia pendidikan yang ada di Provinsi Gorontalo, untuk bisa bersama-sama mendukung berdirinya Uji Sertifikasi.

“Terkait dengan Asesi yang sekarang ini masih dalam tahap perampungan data dan sebagainya. Harapan saya dari setiap mitra yang menyuplai data dan memastikan bahwa asesi yang akan kita sertifikasi di LSP itu bisa lebih cepat,” tutup Rajib. (daily14/munira)









Sablon Kaos Satuan di Gorontalo