Nelson Bangun Daerah dengan Pilar Ilmu, Budaya dan Agama

DAILYPOST.ID – Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan bahwa Ilmu, Budaya, dan Agama merupakan tiga pilar penting dan saling berkaitan dalam membangun sebuah daerah.

Hal itu yang disampaikannya saat menghadiri agenda Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Dungaliyo dan Desa se-Kecamatan Dungaliyo Periode 2020-2025, yang berlangsung di Aula Kantor Desa Pangadaa, Kamis (27/8/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Nelson mengaku bangga atas pelaksanaan kegiatan yang tetap mengindahkan serta melestarikan adat dan budaya Gorontalo.

“Kebanggaan saya yang pertama, Dungaliyo tidak melupakan adat dan budaya kita. Karena tadi pas saya masuk, masyarakat menyambut dengan adat dan tarian Gorontalo. Ini luar biasa!” tutur Nelson.

Di hadapan seluruh pemuda, Bupati bergelar Professor Doktor itupun mengungkapkan bahwa tiga pilar itu menjadi pegangan awal dirinya untuk membangun Kabupaten Gorontalo.

“Sejak awal saya jadi bupati, saya selalu mengatakan bahwa akan membangun daerah Kabupaten Gorontalo ini melalui tiga pilar, yaitu Ilmu, Budaya dan Agama. Jadi, dalam membangun sebuah daerah, kita harus memakai ilmu. Sebab kalau tidak, maka tidak akan berkembang dengan baik,” tukasnya.

“Kedua, menggunakan Budaya. Kenapa? Karena budaya menjadi jati diri kita, menjadi kebanggan kita, serta menjadi keunikan tersendiri daerah kita di mata dunia. Oleh karena itu, saya buat Taman Budaya, demikian juga dengan tugu ketupat yang menggambarkan ragam budaya yang ada di Gorontalo, sekaligus menandakan bahwa ternyata ada Jawa-Tondano yang hadir di tengah-tengah kita masyarakat Gorontalo. Ini juga tentunya patut kita banggakan,” lanjut Nelson.

Yang ketiga, yang paling penting dalam suatu pembangunan tambah Nelson, yaitu Agama.

“Ya, ketiga itu adalah Agama, karena dengan agama, kita memiliki landasan dan dasar kuat yang baik dalam membangun,” tandasnya.

Di sela-sela sambutannya, Bupati Nelson juga membeberkan motivasinya dalam membangun sebuah daerah. Dimana kata dia, selain tiga pilar (Ilmu, Budaya, dan Agama), ada hal yang tak kalah penting, yang sejatinya dibangun sejak awal.

“Kunci lainnya yakni semangat! Dan itulah kesan pertama yang saya temui pada agenda kali ini. Karang Taruna se-kecamatan Dungaliyo ini semangatnya luar biasa. Para generasi muda ini adalah kader-kader penerus bangsa daerah di masa yang akan datang. Luar biasa semangatnya! Kita-kita saja yang dulunya tingkat semangatnya belum seperti ini, hari ini bisa membangun daerah. Apalagi tingkat semangat yang tinggi seperti hari ini, semangat membangun desa, membangun kecamatan, daerah, bahkan saya yakin mampu membangun negara,” pungkas orang nomor satu di Kabupaten Gorontalo itu. (daily02)







Sablon Kaos Satuan di Gorontalo