Penjagub Gorontalo Kenalkan Falsafah Lokal dan Potensi Wisata pada Seminar Nasional APPSI

Avatar
Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya dan seluruh Peserta seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo, Senin, (27/11/2023). (Foto – Diskominfotik)

DAILYPOST.ID , Gorontalo- Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, membuka seminar nasional yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Hotel Aston Kota Gorontalo pada hari Senin (27/11/2023). Dalam kesempatan ini, Ismail memperkenalkan falsafah Gorontalo yang terkenal dengan ungkapan “Adat Bersendikan Syara’, Syara Bersendikan Kitabullah”.

Falsafah ini menggambarkan konsep bahwa hukum adat didasarkan pada hukum agama, sedangkan hukum agama berlandaskan pada Alquran. Ismail mengenalkan konsep ini kepada seluruh peserta seminar APPSI dari berbagai provinsi di Indonesia, menjelaskan bahwa konsep serupa juga ditemukan di Sumatra Barat.

“Saya tidak tahu, kenapa falsafahnya hampir sama dengan Sumatra Barat. Tapi memang sejarahnya, falsafah ini diajarkan kepada kami sebagai masyarakat Gorontalo. Semoga, selama berada di Gorontalo, para peserta seminar mendapatkan kesan yang baik dan menyenangkan,” ujar Ismail.

Baca Juga:   Penjagub Gorontalo Tekankan Pentingnya Anggaran 12 Bulan untuk Belanja Esensial

Selain memperkenalkan filosofi lokal, Ismail juga mempromosikan tempat-tempat wisata di Gorontalo kepada para peserta. Mulai dari Wisata Hiu Paus, wisata pemandian, hingga tempat-tempat bersejarah, Ismail mengajak para peserta untuk menikmati pesona Gorontalo dengan mengunjungi beberapa lokasi wisata tersebut.

“Kami mengajak Bapak-ibu setelah seminar ini, jika belum pernah melihat Hiu Paus, kami punya lokasi Wisata Hiu Paus yang bisa melihat Hiu Pausnya secara dekat. Hanya 10-15 meter dari tepi pantai,” paparnya.

Ismail juga menyinggung tentang Wisata Taman Laut Olele yang terkenal dengan keindahan terumbu karangnya. Lokasinya di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, dapat ditempuh dalam estimasi waktu 20 menit perjalanan dari pusat kota Gorontalo atau hanya sekitar tiga hingga empat kilometer dari Wisata Hiu Paus.

Baca Juga:   Pemprov Gorontalo Salurkan 150 Paket Bantuan Untuk Korban Banjir di Manado

“Tidak hanya itu, kami juga memiliki destinasi lainnya, seperti pemandian air panas di Pentadio Resort dan Lombongo. Ada juga obyek wisata bersejarah seperti Benteng Otanaha, peninggalan bangsa Portugis, yang sangat menarik untuk dikunjungi,” tambahnya.

Peserta seminar ini, yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum APPSI, Al Haris melalui zoom meeting, turut diramaikan oleh Dewan Pakar APPSI Ryaas Rasyid, gubernur atau perwakilan dari tiap provinsi, Penjabat Sekdaprov dari tiap provinsi, para asisten, staf ahli, pimpinan OPD, forkopimda, serta pimpinan instansi vertikal yang berada di lingkup Provinsi Gorontalo. (*)

Bagikan ke:   
headset gaming kuping kucing Dijual Lahan Perumahan Gorontalo
FOLLOW US ON FACEBOOK
FOLLOW US ON INSTAGRAM
@official.dailypost.id
  • Waw! Viral tiktokers Gorontalo ini sebut Kalau Berteman Sesuai HP, Kalau Android Minggir Wir!

#gorontaloviral #gorontalonews #gorontalotiktok #dailypostid #viral
  • Wah! Kerjaan siapa nih?

#viralreels #pemilu2024 #dailypostid
  • Kalian percaya gak?

#ganjarpranowo #ganjar #quickcount #dailypostid #pemilu2024
  • Kenapa bawa gunting ke TPS? 🤣🤣🤣

#ngakak #lucu #viralreels #dailypostid #mediadanhiburan
  • Film Dirty Vote rilis di masa tenang Pemilu 2024, Ini Film Dokumenter Kontroversial atau Propaganda?

Apapun pendapatmu, tonton dulu sampai habis ya dailynetz.

#dirtyvote #reelsviral #beritaviral #dailypostid
  • Ayo siapa yang mau digendong Mayor Teddy? eitss.. tapi harus izin dulu ke ybs ya gaes..

#mayorteddy #viralreels #videoviral
  • Selengkapnya:

https://dailypost.id/news/menggelegar-di-telaga-fory-naway-minta-setengah-cinta-dan-dukungan-penuh-masyarakat/

#dailypostid #gorontalonews #forynaway
  • Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024

#HPN2024 #HPN #dailypostid
  • Momen sakral pernikahan pasangan pengantin tuna rungu berasal dari Gorontalo yang melangsungkan ijab kabul dengan memakai Bahasa Isyarat.

#gorontalonews #viralreels #reelsnews #dailypostid
Waw! Viral tiktokers Gorontalo ini sebut Kalau Berteman Sesuai HP, Kalau Android Minggir Wir! #gorontaloviral #gorontalonews #gorontalotiktok #dailypostid #viral
1 minggu ago
View on Instagram |
1/9
Wah! Kerjaan siapa nih? #viralreels #pemilu2024 #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
2/9
Kalian percaya gak? #ganjarpranowo #ganjar #quickcount #dailypostid #pemilu2024
2 minggu ago
View on Instagram |
3/9
Kenapa bawa gunting ke TPS? 🤣🤣🤣 #ngakak #lucu #viralreels #dailypostid #mediadanhiburan
2 minggu ago
View on Instagram |
4/9
Film Dirty Vote rilis di masa tenang Pemilu 2024, Ini Film Dokumenter Kontroversial atau Propaganda? Apapun pendapatmu, tonton dulu sampai habis ya dailynetz. #dirtyvote #reelsviral #beritaviral #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
5/9
Ayo siapa yang mau digendong Mayor Teddy? eitss.. tapi harus izin dulu ke ybs ya gaes.. #mayorteddy #viralreels #videoviral
2 minggu ago
View on Instagram |
6/9
Selengkapnya: https://dailypost.id/news/menggelegar-di-telaga-fory-naway-minta-setengah-cinta-dan-dukungan-penuh-masyarakat/ #dailypostid #gorontalonews #forynaway
2 minggu ago
View on Instagram |
7/9
Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024

#HPN2024 #HPN #dailypostid
Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024 #HPN2024 #HPN #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
8/9
Momen sakral pernikahan pasangan pengantin tuna rungu berasal dari Gorontalo yang melangsungkan ijab kabul dengan memakai Bahasa Isyarat. #gorontalonews #viralreels #reelsnews #dailypostid
3 minggu ago
View on Instagram |
9/9

FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id
media online gorontalo
ekakraf multimedia