Ridwan Yasin: Rizal Yusuf Kune, “Lionel Messi” Dari Tolinggula

GORUT DAILY – Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara (Sekda Gorut) Ridwan Yasin, SH., MH menegaskan, rotasi jabatan yang dilakukan baru-baru ini sudah sesuai dengan kebutuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemda Gorut.

Saat memberikan sambutan di acara sertijab kepala dinas/badan, Sekda Millennial itu membahas soal terpilihnya 3 kepala dinas/badan itu. Dimana kata dia, ketiga kepala dinas/badan ini telah melalui seleksi ketat.

Salah satu hal menarik yang berhasil dihimpun Tim Dailypost.id, yaitu terpilihnya Rizal Yusuf Kune, SKM sebagai Kepala Dinas Kesehatan Gorut.

Dalam sertijab tersebut, Sekda Ridwan mengatakan, Rizal Yusuf Kune yang diketahui merupakan mantan Camat Tolinggula adalah “Striker” yang berhasil menarik perhatian sang “Manajer”.

“Dalam menentukan siapa saja yang layak dan pantas untuk menjabat kepala dinas/badan itu tidak buru-buru dan memerlukan kehati-hatian dalam memilih. Peserta seleksi (calon kepala dinas-red) pun harus melalui beberapa tahapan seleksi yang ketat. Nah, khusus dinas kesehatan ini, saya menilai semua putra-putri terbaik Gorut. Ibarat tim sepakbola internasional, semua calonnya adalah striker. Ada Ronaldo, ada Lionel Messi, ada Neymar, dan ada Zinedine Zidane. Intinya terbaik semua,” urai Ridwan.

“Kalau di Bappeda itu ada Zinedine Zidane, maka di sini (Dinas Kesehatan-red) ada Lionel Messi,” sambung Ridwan memuji kinerja Rizal Yusuf Kune sejak menjabat sebagai Camat Tolinggula.

Perlu diketahui, saat menjabat sebagai Camat Tolinggula, Rizal Yusuf Kune telah memberikan sejumlah prestasi bagi daerah, khususnya yang dipersembahkan bagi rakyat di tengah Pandemi Covid-19.

Salah satu prestasi yang dicatat oleh Tim Dailypost.id, Rizal Kune satu-satunya Camat di Gorut yang pertama kali melakukan pergeseran anggaran APBDes di 10 desa. Hal itu perjuangkan untuk biaya penanggulangan Covid-19, sebagaimana amanat Permendagri dan Permendesa.

Selain itu, ketika ditunjuk sebagai kepala Posko Gugus Tugas Covid-19 di wilayah perbatasan Gorontalo- Sulawesi Tengah, Rizal Yusuf Kune berhasil menekan arus pergerakan orang maupun barang, baik itu dari maupun menuju Gorontalo, di saat pemerintah provinsi dan kabupaten tengah memberlakukan PSBB selama 3 tahap.

Bahkan, berkat kegigihan, kecekatan, dan keuletannya, hingga saat ini tak seorangpun dari kecamatan yang ia pimpin tercatat positif swabtest Covid-19. Padahal, sebelumnya puluhan Jamaah Tabligh asal Tolinggula sempat diisolasi di Mess Haji dan lainnya dikarantina di RS. ZUS Gorut.

Jika ditilik secara mendalam, tentu masih banyak lagi prestasi yang berhasil dipersembahkan Rizal Yusuf Kune bagi kabupaten terbungsu di Provinsi Gorontalo ini.

Meski begitu, Sekda Ridwan di akhir sambutannya tetap memberikan masukan-masukan dan beberapa pesan kepada Kepala Dinas Kesehatan tersebut.

“Jika sebelumnya beliau bisa dibilang berhasil dalam memimpin rakyatnya, maka dalam tugas baru ini kami harap beliau bisa memimpin kendali ASN, khususnya di dinas kesehatan. Kami akan menantikan bahkan menantang beliau untuk membuat perubahan di dinas kesehatan. Salah satunya di kondisi Pandemi Covid-19 ini. Rakyat butuh sentuhan dan keseriusan kita dalam bekerja dan melayani,” tutup Panglima ASN itu. (daily02)







Sablon Kaos Satuan di Gorontalo