Uji Publik Pemilu 2024, Rancangan Dapil DPRD Provinsi Gorontalo Bakal Berubah

DAILYPOST.ID, Gorontalo- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo menggelar Rapat Koordinasi tentang uji publik rancangan penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Rapat berlangsung di Grand Q Hotel Kota Gorontalo, Kamis (19/1/2023). Rapat dipimpin oleh Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mensukseskan Pemilu tahun 2024, dimana KPU menyajikan data yang bisa diakses oleh publik, termasuk uji publik hari ini untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari para peserta.

Peserta diikuti oleh Civitas Akademika, Pegiat Pemilu, Partai Politik, Media, BEM Universitas, dan tokoh masyarakat.

Dalam data yang disajikan, KPU menyiapkan dua opsi rancangan daerah pemilihan (dapil) untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Gorontalo pada Pemilu 2024.

Dimana salah satu rancangan tersebut, alokasi kursi DPRD Provinsi Gorontalo untuk Dapil Kota Gorontalo yang sebelumnya berjumlah 8 kursi menjadi 7 kursi. Artinya alokasi kursi Dapil Kota Gorontalo berkurang 1 kursi jika rancangan ini ditetapkan.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi rancangan dapil ini, antara lain data kependudukan dan pembagian wilayah di Provinsi Gorontalo.


media online gorontalo
FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ekakraf multimedia