Larantuka – Bencana alam kembali mengguncang Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, saat Gunung Lewotobi Laki-Laki meletus pada Senin, (04/11/2024). Erupsi ini tidak hanya menyebabkan korban jiwa, tetapi juga berdampak pada ribuan warga. Berdasarkan data terbaru dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), jumlah korban meninggal telah mencapai 10 orang, dengan enam di antaranya berhasil diidentifikasi. Di samping itu, sekitar 10.295 warga terdampak yang tersebar di Kecamatan Wulanggitan dan Ile Bura.
Menanggapi bencana ini, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) “BRI Peduli” bergerak cepat untuk menyalurkan bantuan kepada para korban. Bantuan yang diberikan berupa ratusan paket makanan cepat saji, air mineral, perlengkapan bayi, serta kebutuhan mendesak lainnya yang langsung didistribusikan ke lokasi terdampak.
Bantuan BRI disalurkan oleh Tim Elang Relawan BRI dan karyawan BRIlian yang bekerja sama dengan Unit Kerja Boru, kantor cabang BRI di Larantuka yang terdekat dari wilayah bencana. Tim ini hadir langsung di lokasi untuk memastikan bantuan sampai dengan cepat dan tepat kepada warga yang membutuhkan.
Wakil Direktur Utama BRI, Catur Budi Harto, menyampaikan bahwa langkah cepat BRI dalam memberikan bantuan ini adalah wujud nyata kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang terdampak bencana.
“Kami terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk meringankan beban masyarakat terdampak erupsi ini,” ujar Catur Budi Harto.
Selain memberikan bantuan langsung, BRI juga bekerja sama dengan berbagai instansi dan organisasi kemanusiaan untuk mempercepat proses pemulihan bagi masyarakat terdampak. Kolaborasi ini mencakup koordinasi dalam penyaluran bantuan agar lebih efisien dan merata.
“Kami memastikan BRI akan selalu aktif dan cepat dalam menyalurkan berbagai bantuan bagi warga terdampak bencana di beberapa wilayah di Indonesia. Ini adalah bentuk kepedulian BRI agar masyarakat bisa segera bangkit dari dampak bencana alam,” tambah Catur.
Karena dampak bencana ini, Unit Kerja Boru untuk sementara tidak dapat beroperasi. BRI mengimbau masyarakat untuk mengakses layanan perbankan di Unit Talibura yang berlokasi lebih aman. Alternatif lainnya, warga dapat memanfaatkan aplikasi BRImo untuk layanan perbankan digital atau mengunjungi Agen BRILink di wilayah sekitar yang tidak terdampak bencana.
Langkah cepat BRI dalam merespon bencana ini mendapat apresiasi luas dari masyarakat. Inisiatif ini sekaligus menjadi bentuk kepedulian dan komitmen BRI untuk hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan.
(D08)