FISIP UG Beri Penguatan Kelembagaan Desa di Pohuwato

KAMPUS DAILY – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gorontalo (FISIP UG) melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas pemerintahan desa di Desa Mootilango Kabupaten Pohuwato.

“Ya, kami melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas pemerintah desa di Desa Mootilango, dimana kami selaku pimpinan fakultas melaksanakan kegiatan penguatan kapasitas kelembagaan pemerintah desa dengan melihat kondisi hal ini, bahwa covid19 tadi membatasi kegiatan-kegiatan pelayanan sehingga perlu adanya pemahaman yang lebih baik, lebih kuat, lebih komprehensif, lebih sesuai dengan kondisi yang ada,” jelas Dekan FISIP Muh. Fachry Arsjad S.Sos, M.Si.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut mendampingi Dekan FISIP, Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Suaib Napir S. Ip. M. Si., dan Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Akademik Dr. Dikson Yunus., MPA.

“Mereka juga memberikan penguatan- penguatan dalam kegiatan tersebut, kegiatan tersebut metodenya itu di hadiri oleh mahasiswa FISIP Pohuwato dimana mereka notabenenya adalah perangkat desa, aparat desa, kepala desa. Sehingga perlu ada pemahaman- pemahaman terkait dengan penguatan kapasitas antar desa. Tentu ini kami sesuaikan dengan kebutuhan kondisi,” ujar Fachry.

Tentu ini, lanjut Fachry disesuaikan dengan kebutuhan, dengan kondisi dimana pandemi ini membuat semua itu menjadi terbatas, sehingga keterbatasan itu tidak menjadi kendala sehingga dengan adanya pemahaman-pemahaman baru tadi, ada cara-cara yang ditempuh dalam menjangkau pelayanan kepada masyarakat.

“Kegiatan ini kami rangkaikan dengan kegiatan kuliah kerja pengabdian, karena mereka sudah semester enam, tidak lama lagi akan mengikuti KKP, dari jumlah mereka itu alhamdulillah ada 31 orang kepala desa akan mengikuti kegiatan KKP yang diselenggarakan pada bulan depan, yang pembukaan nya dilakukan pada awal minggu ini,” imbuhnya.

“Jadi saya selaku pimpinan dengan perangkat fakultas merasa bersyukur mereka siap mengikuti salah satu kegiatan akademik dan dalam hitungan bulan lagi akan melaksanakan proposal penelitian, kemudian nanti akan mengikuti ujian seminar hasil dan skripsi. Harapan nya adalah memberi pemahaman kepada mereka, supaya mereka bisa menyampaikan sosialisasi UG dalam rangka penerima mahasiswa baru,” tambah Fachry.

Wakil Rektor 3, Dr. Dikson Junus,. M.PA juga menambahkan bahwa Ini adalah bentuk realisasi kerja sama antara pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato dengan Universitas Gorontalo, salah satu kegiatannya adalah peningkatan SDM aparat pemerintah desa dan sekaligus kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh pihak kampus dalam hal ini fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik.

“Kegiatan itu adalah dalam rangka penguatan kepala desa dari sisi tata kelola pemerintahan atau manajemen pemerintahan desa,” pungkasnya. (Daily08/ty)







Sablon Kaos Satuan di Gorontalo