Dampingi BWS Wilayah I, Sekda Gorut: Pekerjaan Sungai Andagile Dinantikan Masyarakat!

DAILYPOST.ID, Gorut – Penantian masyarakat Gorontalo Utara (Gorut), khususnya yang ada di Kecamatan Atinggola mulai terjawab.

Sungai Andagile, yang setiap musim penghujan selalu menjadi ancaman erosi dan banjir bandang, mulai dikerjakan sebelum akhir Tahun 2020 ini.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Gorut, Ridwan Yasin saat mendampingi Tim Balai Wilayah Sungai (BWS) wilayah I (Sulawesi Utara) ketika meninjau kondisi Sungai Andagile, Jumat (7/8/2020).

“Tendernya sudah dilakukan, dan sudah ada pemenangnya. Kalau tidak salah pekerjaannya akan berlangsung selama 3 tahun. Dan untuk tahun ini (Oktober) anggarannya sebesar Rp5 Miliar, yang dimulai dari titik 6 (Desa Posono, Kecamatan Atinggola) karena itu yang paling parah,” kata Ridwan.

“Tahun depannya bisa saja Rp15 Miliar atau Rp20 Miliar kita nantikan saja, yang pasti totalnya Rp50 Miliar,” lanjutnya.

Dirinya juga mengatakan, pengerjaan Sungai Andagile oleh BWS Wilayah I ini menjadi keuntungan tersendiri untuk masyarakat maupun pihak pemerintah Gorontalo.

“Ini merupakan satu keuntungan bagi Gorontalo, khususnya Gorut, sebab sungai Andagile itu milik Provinsi Gorontalo tapi yang kerja adalah pihak BWS Wilayah I, sementara BWS Wilayah II kan ada. Nah, itu luar biasa sebab wilayah I itu gridnya lebih tinggi (anggarannya lebih besar) dari Wilayah II, sehingga ini patut disyukuri, apalagi dapatnya Rp50 Miliar,” kata Sekda Ridwan.

Sementara itu, disampaikan Sekda Ridwan bahwa dari pihak BWS Wilayah I sendiri hanya mengharapkan jangan sampai ada komplain saat pengerjaan berlangsung.

“Pihak BWS Wilayah I minta kepada kami, bahwa pekerjaan itu jangan sampai ada komplain. Dan sudah kami sampaikan, tidak ada yang komplain, justru ini yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat,” kata Ridwan dengan senyum khasnya.

Sekdapun berharap, melalui proyek tersebut maka kondisi sungai Andagile yang kian memberi ancaman erosi bagi masyarakat sekitaran sungai segera teratasi.

“Kepada maayarakat, mari dukung proyek ini. Karena pekerjaan sungai ini tentunya membutuhkan dukungan dan doa juga dari masyarakat,” pungkasnya. (daily02)









Sablon Kaos Satuan di Gorontalo