Jelang Ramadhan Harga Pangan Naik, Jadi Tradisi?

Dailypost.id
Harga beras naik jelang Ramadan. (Ilustrasi/istimewa)
Oleh : Tri Ningrum (Aktivis Muslimah)

DAILYPOST.ID Opini — Dilansir dari cncbindonesia.com, 1/3/2024 bahwa Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan harga komoditas pangan akan mengalami inflasi pada bulan ramadhan mendatang. Hal ini merupakan situasi musiman seperti tahun-tahun sebelumnya. Beberapa komoditas yang berpotensi naik diantarannya daging ayam, minyak goreng dan gula pasir. Bahkan komoditas pangan lainnya seperti beras berpotensi naik.

Harga pangan naik seolah-olah sudah menjadi tradisi menjelang ramadhan.  Bahkan menurut M. Habibullah selaku Deputi bidang statistik produksi BPS bahwa permintaan yang meningkat pada bulan ramadhan merupakan sebab kenaikan harga.  Memang harga barang dipengaruhi dari supply dan demand,  hanya saja, ada kesalahpahaman terkait konsep beribadah dan beramal shalih selama  bulan ramadhan yang diakibatkan oleh penerapan sistem ekonomi kapitalisme. Alhasil, berdampak pada meningkatnya permintaan yang diakibatkan dari pola konsumtif. Ketika permintaan lebih banyak dibandingkan ketersediaan barang tentu harga pun akan naik. Diperparah dengan aksi penimbunan bahan pangan oleh pihak tertentu.  Tentu kondisi tersebut, dapat memberatkan masyarakat karena harga barang semakin tinggi dan mengganggu kekhusyukan ibadah di bulan ramadhan. Dengan harga barang meningkat, tentu masyarakat akan lebih disibukan mencari uang demi tetap memenuhi kebutuhan pangan mereka, sedangkan bagi yang mempunyai uang disibukan dengan sikap komsumtif.

Padahal Allah swt telah memilih bulan ramadhan yang memiliki keutamaan dan kekhususan dibandingkan bulan-bulan lainnya, sebagaimana petikan khutbah Rasulullah saw ketika akan memasuki bulan ramadhan “Wahai manusia!  Sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan,  yaitu bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan.  Bulan yang telah Allah menjadikan puasanya suatu fardhu dan qiyam pada malam harinya suatu tathawwu.  Barang siapa mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu pekerjaan kebajikan didalamnya,  samalah dia dengan orang yang menunaikan suatu fardhu didalam bulan yang lain.  Ramadhan itu bulan sabar sedangkan  sabar itu adalah pahalanya surga. Ramadhan itu adalah bulan memberikan pertolongan dan bulan Allah memberikan rezeki kepada mukmin didalamnya.  Barangsiapa memberikan makanan berbuka kepada seseorang yang berpuasa, yang demikian itu merupakan pengampunan dosannya dan kemenangan dirinya dari neraka. Orang yang memberikan makanan itu memperoleh pahala seperti orang yang berpuasa tanpa sedikit pun berkurang.  Para sahabat berkata : ya, Rasulullah,  tidaklah semua kami memiliki makanan berbuka puasa untuk orang lain yang berpuasa.  Maka bersabdalah Rasulullah,  Allah memberikan pahala kepada orang yang memberikan sebutir kurma atau seteguk air atau seteguk susu. Barangsiapa yang meringankan beban dari budak sahaya,  niscaya Allah akan mengampuni dosanya dan memerdekakannya dari neraka.

Dengan demikian, di bulan ramadhan harus memperbanyak empat perkara, yakni: dua perkara untuk mendatangkan keridhaan Allah, sedangkan dua perkara lagi kamu sangat menghayatinya. Dua perkara yang pertama meyakini dengan sebenar-benarnya bahwa tidak ada Tuhan selain Allah  dan memohon ampunan kepada_Nya dan dua perkara  yang kamu sangat memerlukannya ialah mohon surga dan perlindungan dari neraka.

Baca Juga:   HST Ajak Masyarakat Sambut Ramadan 1442 Hijriah dengan Lantunan Dzikir

“Barang siapa yang memberi minum kepada orang yang berbuka puasa, niscaya Allah akan memberi minum kepadanya dari air kolam-Ku dengan suatu minuman yang dia tidak merasakan haus lagi sesudahnya sehingga dia masuk ke dalam surga. (HR. Ibnu Huzaimah)”

Dari hadist diatas, kita bisa lihat bagaimana islam mendorong kaum muslimin menjalani hari-harinya selama bulan ramadhan dengan memperbanyak beribadah dan amal shalih,  hanya saja, jika yang menaati hanya dilevel individu, tentulah terasa berat. syariat ini bisa terjalankan ketika negara hadir sebagai pelayan (raa’in), agar rakyatnya tetap fokus melakukan ibadah dan amal shalih selama bulan ramadhan. Sehingga, Pelayanan itu dapat diwujudkan dengan kebijakan negara yang memudahkan rakyat dalam menjalani ibadah ramadhan,  nyaman menjalankan ibadah puasa serta mempersiapkan segala sesuatunya demi meraih ridha Allah.

Baca Juga:   Harga Beras Naik, Bupati Minta Masyarakat Tidak Panik: Masih Ada Jagung

Sebagai contoh, harga-harga pangan selama bulan ramadhan akan diawasi oleh negara agar tetap terjangkau oleh rakyat,  memang tidak bisa dipungkiri bahwa jumlah permintaan bahan pangan sangat dimungkinkan naik di bulan ramadhan. Maka butuh  peran negara yang akan memastikan harga bahan pangan mengikuti mekanisme pasar dan menghilangkan distorsi pasar, seperti penimbunan, mafia, kartel, dan sebagainya. Atau negara juga bisa melakukan intervensi stok bahan pangan untuk menstabilkan supply dan demand.  Dengan begitu, harga pangan akan tetap bisa dijangkau oleh rakyat. Jika harga pangan terjangkau,  rakyat tentu akan merasa tenang karena kebutuhan pangan mereka tercukupi,  hingga mereka akan fokus beribadah dan beramal shalih selama ramadhan.

Baca Juga:   HST Ajak Masyarakat Sambut Ramadan 1442 Hijriah dengan Lantunan Dzikir

Negara juga memberikan pendidikan terbaik melalui penerapan sistem pendidikan islam,  yang membuat seseorang memiliki pola pikir islam dan pola sikap islam, sehingga terbentuk kepribadian islam. Kepribadian islam ini akan menuntun umat akan memiliki pemahaman yang benar atas ibadah ramadhan,  termasuk pola konsumsinya, yaitu tidak berperilaku konsumtif. Dengan demikian,  peran negara ini akan mendorong umatnya bersegera dalam kebaikan sesuai tuntunan Allah dan Rasul-Nya dan memanfaatkan bulan ramadhan sebaik mungkin dengan amalan  ibadah. Hanya saja, semua  ini bisa terwujud ketika ada daulah islam ditengah-tengah umat. Wallahua’lam bishshowab.

Bagikan ke:   

FOLLOW US ON FACEBOOK
FOLLOW US ON INSTAGRAM
@official.dailypost.id
  • Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks?

Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 17 April 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
  • Menurut narasi yang beredar, seorang pemuda diusir dari kosannya di Medan, Sumatera Utara, setelah kehilangan motornya.

Gelagat ibu kos saat dimintai rekaman CCTV pun dianggap janggal.

Diketahui jika saat itu sang pemuda yang bertamu ke kosan temannya itu kehilangan motornya.

Namun ia diusir oleh pemilik kos setelah membawa polisi dan meminta cek rekaman CCTV saat motornya hilang, dilansir dari akun instagram @kepoin_trending, Selasa (2/4/2024).

Sumber: tribuntrends.com
Video: istimewa

#dailypostid #viralreels #viral
  • Seberapa penting peran media sosial dalam melestarikan budaya lokal? Media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam pelestarian budaya lokal karena penyebarannya mudah diakses oleh masyarakat. Nah, DigiFriends bisa loh mulai membuat konten yang menarik dan informatif berupa video, artikel, hingga podcast yang mengangkat aspek-aspek budaya di Indonesia seperti tarian tradisional, seni lukis, musik tradisional, hingga kuliner khas daerah. Lalu, bagaimana tips membuat konten yang kreatif tentang budaya lokal melalui media sosial?

Simak lebih lanjut pada webinar “Melestarikan Budaya Lokal Melalui Konten Digital” Yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 03 April 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/zoomkomunitassulawesi0104

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
  • Sangat besar motivasi masyarakat untuk memulai bisnis & berperan sebagai pengusaha di era digital. Hal ini terjadi karena dengan kemajuan teknologi digital, internet memiliki sumber daya yang melimpah untuk perancangan bisnis. Penting untuk mengetahui kiat-kiat yang bisa dijadikan sebagai strategi ketika memulai usaha di era digital. Ketahui strategi tersebut melalui webinar “Strategi Sukses dalam Membangun Usaha di Era Digital” pada: 

🗓: Selasa, 26 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2603

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Universitas Muslim Maros, KOMIT Universitas Muslim Maros dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
  • Kpu Umumkan Hasil Pemilu 2024: Prabowo Gibran Menang Pilpres!

#prabowo #gibran #hasilpemilu2024 #pilpres2024 #dailypostid
  • Semakin majunya dunia digital dapat membantu memperkenalkan budaya lokal, salah satunya melalui konten digital. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten digital yang mempromosikan pariwisata berbasis budaya, pemasaran produk lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kearifan lokal. Lalu bagaimana cara mengemas konten yang menarik untuk melestarikan kearifan lokal?

Simak lebih lanjut melalui webinar “Pentingnya Melestarikan Kearifan Lokal Melalui Konten Digital” pada: 

🗓: Jumat, 22 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2203

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Ana'Dara Kalolloe Bone, dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
  • Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? 

Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 

🗓: Senin, 18 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
  • PT. SJTEAM SURYA JASA mengucapkan Selamat Menunaikan Ibah Puasa, Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi

#SJTeamSuryaJasa #Dailypostid
  • Seorang pria bernama David Heydar Pratama (26) ditangkap polisi. David ditangkap karena menipu seorang wanita asal Kabupaten Bandung hingga korban rugi Rp 165 juta.

“Modus operandinya, tersangka DYP berkenalan di aplikasi Tinder dengan korban dan mengaku sebagai anggota kepolisian yang berdinas di Bareskrim Polri,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono dilansir detikJabar, Kamis (7/3/2024).

David berkenalan dengan korban menggunakan nama Antonius Felix Rompas. Dia mengaku berpangkat AKP

Komunikasi David dengan korban tidak hanya di aplikasi Tinder, tapi juga WhatsApp. Ketika keduanya sudah makin dekat David meminjam uang senilai RP 40 juta ke korban, setelah itu meminjam lagi senilai Rp 90 juta dengan alasan sedang terlibat sidang etik di tempat dinasnya bekerja. Korban yang merasa kasihan, akhirnya menggadaikan BPKB kendaraannya untuk mengirim uwang kepada David.

David menggunakan uang tipu-tipu itu untuk bermain jud1 sl0t. Korban pun mengaku telah mengalami kerugian sekitar Rp 165 juta akibat percaya kepada David yang mengaku sebagai anggota polisi berpangkat AKP itu.

“Uwangnya digunakan untuk gaya hidup. Ada yang digunakan untuk beli sesuatu dan ada juga yang untuk main jud1 sl0t dari uwang tersebut, sehingga kerugian yang dialami oleh korban kurang lebih Rp 165 juta,” ucapnya.

Akibat perbuatannya, David dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman selama 4 tahun kurungan penjara.

🎥 : Tt/RTV
📝 : Detiknews

--------------------

Tag default:

#dailypostid
#mediadailypostid
#beritaviral
#beritaterkini
#videoviral
#infotainment
#tipsdantrik
#mediadanhiburan
#mediaonline
#beritapolitik
#beritakriminal
#beritaperistiwa
#gorontalonews
#beritagorontalo
#beritaindonesia
#medialokalgorontalo
#karuniamediakreatif
#videohiburan 
#tiktokviral 
#tiktokberita 
#tiktoknews
Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks?

Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 17 April 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks?

Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 17 April 2024
⏰: 13.30-15.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Sering menyebarkan berita tanpa memastikannya terlebih dahulu? Hati - hati! Bisa jadi itu berita Hoaks! Hoaks atau bisa juga disebut dengan berita palsu bisa ditandai dengan beberapa hal, seperti judul yang provokatif dan berasal dari situs yang tidak resmi. Lalu bagaimana langkah yang bisa diterapkan dalam memilih berita agar terhindar dari hoaks? Simak lebih lanjut pada webinar “Langkah Cerdas Melawan Hoaks di Ruang Digital” yang akan dilaksanakan pada: 🗓: Rabu, 17 April 2024 ⏰: 13.30-15.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi1704-1 Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
3 hari ago
View on Instagram |
1/9
Menurut narasi yang beredar, seorang pemuda diusir dari kosannya di Medan, Sumatera Utara, setelah kehilangan motornya. Gelagat ibu kos saat dimintai rekaman CCTV pun dianggap janggal. Diketahui jika saat itu sang pemuda yang bertamu ke kosan temannya itu kehilangan motornya. Namun ia diusir oleh pemilik kos setelah membawa polisi dan meminta cek rekaman CCTV saat motornya hilang, dilansir dari akun instagram @kepoin_trending, Selasa (2/4/2024). Sumber: tribuntrends.com Video: istimewa #dailypostid #viralreels #viral
2 minggu ago
View on Instagram |
2/9
Seberapa penting peran media sosial dalam melestarikan budaya lokal? Media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam pelestarian budaya lokal karena penyebarannya mudah diakses oleh masyarakat. Nah, DigiFriends bisa loh mulai membuat konten yang menarik dan informatif berupa video, artikel, hingga podcast yang mengangkat aspek-aspek budaya di Indonesia seperti tarian tradisional, seni lukis, musik tradisional, hingga kuliner khas daerah. Lalu, bagaimana tips membuat konten yang kreatif tentang budaya lokal melalui media sosial?

Simak lebih lanjut pada webinar “Melestarikan Budaya Lokal Melalui Konten Digital” Yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 03 April 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/zoomkomunitassulawesi0104

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Seberapa penting peran media sosial dalam melestarikan budaya lokal? Media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam pelestarian budaya lokal karena penyebarannya mudah diakses oleh masyarakat. Nah, DigiFriends bisa loh mulai membuat konten yang menarik dan informatif berupa video, artikel, hingga podcast yang mengangkat aspek-aspek budaya di Indonesia seperti tarian tradisional, seni lukis, musik tradisional, hingga kuliner khas daerah. Lalu, bagaimana tips membuat konten yang kreatif tentang budaya lokal melalui media sosial?

Simak lebih lanjut pada webinar “Melestarikan Budaya Lokal Melalui Konten Digital” Yang akan dilaksanakan pada: 

🗓: Rabu, 03 April 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/zoomkomunitassulawesi0104

Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo

#MakinCakapDigital
Seberapa penting peran media sosial dalam melestarikan budaya lokal? Media sosial memiliki peranan yang sangat penting dalam pelestarian budaya lokal karena penyebarannya mudah diakses oleh masyarakat. Nah, DigiFriends bisa loh mulai membuat konten yang menarik dan informatif berupa video, artikel, hingga podcast yang mengangkat aspek-aspek budaya di Indonesia seperti tarian tradisional, seni lukis, musik tradisional, hingga kuliner khas daerah. Lalu, bagaimana tips membuat konten yang kreatif tentang budaya lokal melalui media sosial? Simak lebih lanjut pada webinar “Melestarikan Budaya Lokal Melalui Konten Digital” Yang akan dilaksanakan pada: 🗓: Rabu, 03 April 2024 ⏰: 15.30-17.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/zoomkomunitassulawesi0104 Gabung dan ikuti webinar #literasidigitalkominfo untuk jadi #MakinCakapDigital bersama komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Informasi selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun Instagram @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
2 minggu ago
View on Instagram |
3/9
Sangat besar motivasi masyarakat untuk memulai bisnis & berperan sebagai pengusaha di era digital. Hal ini terjadi karena dengan kemajuan teknologi digital, internet memiliki sumber daya yang melimpah untuk perancangan bisnis. Penting untuk mengetahui kiat-kiat yang bisa dijadikan sebagai strategi ketika memulai usaha di era digital. Ketahui strategi tersebut melalui webinar “Strategi Sukses dalam Membangun Usaha di Era Digital” pada: 

🗓: Selasa, 26 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2603

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Universitas Muslim Maros, KOMIT Universitas Muslim Maros dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Sangat besar motivasi masyarakat untuk memulai bisnis & berperan sebagai pengusaha di era digital. Hal ini terjadi karena dengan kemajuan teknologi digital, internet memiliki sumber daya yang melimpah untuk perancangan bisnis. Penting untuk mengetahui kiat-kiat yang bisa dijadikan sebagai strategi ketika memulai usaha di era digital. Ketahui strategi tersebut melalui webinar “Strategi Sukses dalam Membangun Usaha di Era Digital” pada: 

🗓: Selasa, 26 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2603

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Universitas Muslim Maros, KOMIT Universitas Muslim Maros dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Sangat besar motivasi masyarakat untuk memulai bisnis & berperan sebagai pengusaha di era digital. Hal ini terjadi karena dengan kemajuan teknologi digital, internet memiliki sumber daya yang melimpah untuk perancangan bisnis. Penting untuk mengetahui kiat-kiat yang bisa dijadikan sebagai strategi ketika memulai usaha di era digital. Ketahui strategi tersebut melalui webinar “Strategi Sukses dalam Membangun Usaha di Era Digital” pada: 🗓: Selasa, 26 Maret 2024 ⏰: 15.30-17.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi2603 Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Universitas Muslim Maros, KOMIT Universitas Muslim Maros dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
3 minggu ago
View on Instagram |
4/9
Kpu Umumkan Hasil Pemilu 2024: Prabowo Gibran Menang Pilpres! #prabowo #gibran #hasilpemilu2024 #pilpres2024 #dailypostid
4 minggu ago
View on Instagram |
5/9
Semakin majunya dunia digital dapat membantu memperkenalkan budaya lokal, salah satunya melalui konten digital. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten digital yang mempromosikan pariwisata berbasis budaya, pemasaran produk lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kearifan lokal. Lalu bagaimana cara mengemas konten yang menarik untuk melestarikan kearifan lokal?

Simak lebih lanjut melalui webinar “Pentingnya Melestarikan Kearifan Lokal Melalui Konten Digital” pada: 

🗓: Jumat, 22 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2203

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Ana'Dara Kalolloe Bone, dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Semakin majunya dunia digital dapat membantu memperkenalkan budaya lokal, salah satunya melalui konten digital. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten digital yang mempromosikan pariwisata berbasis budaya, pemasaran produk lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kearifan lokal. Lalu bagaimana cara mengemas konten yang menarik untuk melestarikan kearifan lokal?

Simak lebih lanjut melalui webinar “Pentingnya Melestarikan Kearifan Lokal Melalui Konten Digital” pada: 

🗓: Jumat, 22 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi2203

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Ana'Dara Kalolloe Bone, dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Semakin majunya dunia digital dapat membantu memperkenalkan budaya lokal, salah satunya melalui konten digital. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten digital yang mempromosikan pariwisata berbasis budaya, pemasaran produk lokal dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kearifan lokal. Lalu bagaimana cara mengemas konten yang menarik untuk melestarikan kearifan lokal? Simak lebih lanjut melalui webinar “Pentingnya Melestarikan Kearifan Lokal Melalui Konten Digital” pada: 🗓: Jumat, 22 Maret 2024 ⏰: 15.30-17.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi2203 Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Ana'Dara Kalolloe Bone, dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
4 minggu ago
View on Instagram |
6/9
Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? 

Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 

🗓: Senin, 18 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? 

Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 

🗓: Senin, 18 Maret 2024
⏰: 15.30-17.30 WITA
📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo
☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta)

Link pendaftaran dapat diakses melalui: 
https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803

Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo 

#MakinCakapDigital
Hadirnya teknologi digital saat ini memberikan kemudahan masyarakat salah satunya pada aspek pembayaran pajak melalui e-filling. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang belum sadar akan pentingnya membayar pajak & beberapa hal yang perlu diwaspadai jika melakukan pembayaran secara online. Kira-kira, apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membayar pajak secara online? Pantau lebih lanjut melalui webinar “Cakap Digital, Cakap Bayar Pajak: Memahami Pentingnya Keterampilan Digital dalam Kepatuhan Pajak” pada: 🗓: Senin, 18 Maret 2024 ⏰: 15.30-17.30 WITA 📍Streaming: Live Zoom Literasi Digital Kominfo ☎️ Narahubung: +62 821-1371-8092 (Eza Okta) Link pendaftaran dapat diakses melalui: https://s.id/registrasikomunitassulawesi1803 Ayo jadi #makincakapdigital bersama #literasidigitalkemkominfo, komunitas Sulawesi dan sekitarnya. Info selengkapnya kunjungi website literasidigital.id dan follow akun @literasidigitalkominfo #MakinCakapDigital
1 bulan ago
View on Instagram |
7/9
PT. SJTEAM SURYA JASA mengucapkan Selamat Menunaikan Ibah Puasa, Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi

#SJTeamSuryaJasa #Dailypostid
PT. SJTEAM SURYA JASA mengucapkan Selamat Menunaikan Ibah Puasa, Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi #SJTeamSuryaJasa #Dailypostid
1 bulan ago
View on Instagram |
8/9
Seorang pria bernama David Heydar Pratama (26) ditangkap polisi. David ditangkap karena menipu seorang wanita asal Kabupaten Bandung hingga korban rugi Rp 165 juta. “Modus operandinya, tersangka DYP berkenalan di aplikasi Tinder dengan korban dan mengaku sebagai anggota kepolisian yang berdinas di Bareskrim Polri,” kata Kapolrestabes Bandung Kombes Budi Sartono dilansir detikJabar, Kamis (7/3/2024). David berkenalan dengan korban menggunakan nama Antonius Felix Rompas. Dia mengaku berpangkat AKP Komunikasi David dengan korban tidak hanya di aplikasi Tinder, tapi juga WhatsApp. Ketika keduanya sudah makin dekat David meminjam uang senilai RP 40 juta ke korban, setelah itu meminjam lagi senilai Rp 90 juta dengan alasan sedang terlibat sidang etik di tempat dinasnya bekerja. Korban yang merasa kasihan, akhirnya menggadaikan BPKB kendaraannya untuk mengirim uwang kepada David. David menggunakan uang tipu-tipu itu untuk bermain jud1 sl0t. Korban pun mengaku telah mengalami kerugian sekitar Rp 165 juta akibat percaya kepada David yang mengaku sebagai anggota polisi berpangkat AKP itu. “Uwangnya digunakan untuk gaya hidup. Ada yang digunakan untuk beli sesuatu dan ada juga yang untuk main jud1 sl0t dari uwang tersebut, sehingga kerugian yang dialami oleh korban kurang lebih Rp 165 juta,” ucapnya. Akibat perbuatannya, David dijerat Pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman selama 4 tahun kurungan penjara. 🎥 : Tt/RTV 📝 : Detiknews -------------------- Tag default: #dailypostid #mediadailypostid #beritaviral #beritaterkini #videoviral #infotainment #tipsdantrik #mediadanhiburan #mediaonline #beritapolitik #beritakriminal #beritaperistiwa #gorontalonews #beritagorontalo #beritaindonesia #medialokalgorontalo #karuniamediakreatif #videohiburan #tiktokviral #tiktokberita #tiktoknews
1 bulan ago
View on Instagram |
9/9

FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id
ekakraf multimedia