Kayu Lamtoro Dimanfaatkan Sebagai Energi Terbarukan PLN

DAILYPOST.ID, Gorut – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin mengapresiasi rencana PLN UPDK Gorontalo terkait pemanfaatan energi terbarukan berbahan Kayu Lamtoro.

Dirinya mengatakan, jika rencana tersebut dapat berjalan dengan baik, maka akan berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat Gorut itu sendiri. Sebab ketika Gorut menjadi titik lokasi dari program baru PLN UPDK Gorontalo ini, maka masyarakat akan dilibatkan sebagai pengelola kayu lamtoro tersebut.

Rdiwan juga mengungkapkan, pihaknya akan menyiapkan lahan untuk penanaman kayu lamtoro sebagai energi terbarukan PLN ini.

“Ya, Energi Terbarukan ini merupakan sebuah opsi lain atas pengembangan dari berbagai sumber daya yang sudah ada. Karena semakin tingginya permintaan atas energi akhirnya membuat peneliti terus mengembangkan sumber daya yang bisa terus digunakan dalam jangka waktu yang panjang tanpa harus takut untuk habis jika digunakan. Untuk itu kami berharap pihak PLN UPDK Gorontalo turut melibatkan masyarakat lokal Gorut sebagai pengelola bahan kayu tersebut,” jelas Ridwan saat menerima kunjungan kerja dari PLN UPDK Gorontalo, Rabu (8/7/2020).

Sekda Millennial itu juga menambahkan, Gorut juga menjadi satu daerah yang spesial, karena dipilih sebagai lokasi titik lokasi pemanfaatan energi terbarukan itu.

“Ini sangat luar biasa, karena kalau kita lihat di kabupaten/kota lain sulit kita temukan. Sehingga Gorut ini dapat dikatakan sebagai kabupaten yang punya masa depan bagus,” ujar Ridwan.

“Nah, di 2021 itu Gorut akan melakukan pengembangan pelabuhan Anggrek, yang tentunya memerlukan tenaga listrik yang besar. Sehingga saya kira rencana PLN ini sudah sangat tepat,” sambung dia.

Sementara itu, Manager PLN UPDK Gorontalo, Gatut Pujo Pramono saat diwawancarai menjelaskan, program uni coba ini bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan tumbuh kembangnya ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat lokal Gorut. (daily02)









Sablon Kaos Satuan di Gorontalo