Thariq Modanggu: Inilah 3 Konsep Penting Untuk Perbaikan Pertanian di Gorut

Resize_20220428_121029_9928-07cb3e08

DAILYPOST.ID, Gorontalo Utara – Disisa masa pemerintahan IQRA yang tinggal tersisa kurang lebih 1 tahun 7 bulan, Pelaksana tugas (plt) Bupati Gorontalo Utara (Gorut) Thariq Modanggu terus berupaya memberikan perhatian di berbagai aspek termasuk dalam bidang pertanian.

Saat menghadiri dan membuka kegiatan sosialisasi dan edukasi pelaksanaan program petani tahun 2022 dan mendukung ketahanan pangan daerah di Desa Monano Kecamatan Monano, Rabu (27/04/2022), plt bupati menyampaikan 3 hal penting yang harus dilaksanakan dalam hal perbaikan pertanian di Gorut, khususnya masalah yang dihadapi para petani.

Hal pertama pada 3 konsep pertanian kata Thariq, adalah susunan data base petani dan potensi pertanian Gorut.

“Jangan sampai nanti setelah ada bantuan pertanian, tiba-tiba ingin mengurus KTP petani. Padahal dia adalah nelayan. Data itulah nantinya yang akan dipegang oleh desa dan kecamatan, yang sama dengan data yang ada di kabupaten. Itu yang belum ada selama ini,” tegas Thariq.

Yang berikut lanjut Thariq, harus segera disusun tata kelola penyaluran bibit, pupuk dan bantuan pertanian lainnya.

“Supaya disepakati ini. Karena? Karena kalau aturannya tidak benar, pasti akan kacau di lapangan. Tapi ini belum menjamin. Karena kadangkala hanya aturan yang bagus dan hanya tulisan. Tetapi kenyataan di lapangan tidak ada,” ungkapnya.

Konsep ke 3 yang harus dilaksanakan adalah tata kelola brigade alsintan dan Balai Pelatihan Pertanian (BPP).

Ia juga mengatakan, jika semuanya tersusun dengan jelas, maka tidak ada masalah. Tetapi jika terjadi masalah, maka harus dilakukan pengecekan pada regulasinya.

“Kita memiliki rujukan yang jelas. Data di DTKS pun ada pejabat-pejabat yang masuk di situ. Makanya saya bikin aplikasi ceria. Agar nantinya bisa mendata yang sudah dapat bantuan. Ini yang akan saya perbaiki di sisa masa jabatan saya,” tuturnya.

Thariq pun berharap agar dinas terkait segera membuat perencanaan dan akan dilakukan perbaikan kedepan. (Harian05)



iklan cakades
Bagikan ke media sosial