Tim Panelis Provinsi Gorontalo Nilai Aksi Konveregensi Penurunan Stunting di Kabupaten Gorontalo

DAILYPOST.ID, Limboto- Tim Panelis Provinsi Gorontalo melakukan penilaian terhadap kinerja penurunan kasus sunting di Kabupaten Gorontalo, Rabu (22/06/2022).

Ada tiga desa dan satu kelurahan yang menjadi lokus penilaian, masing-masing, Desa Daenaa Kecamatan Limboto Barat, Desa Bulota Kecamatan Telaga Jaya, Desa Mongolato Kecamatan Telaga dan Kelurahan Tilihuwa Kecamatan Limboto.

Dari hasil pantauan, penilaian oleh Tim Panelis itu dalam rangka mengukur kinerja pemerintah Kabupaten Gorontalo terhadap aksi konvergensi penurunan kasus stunting tahun 2021.

Ada delapan aksi konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Terintegrasi yang meliputi analisis situasi, rencana kegiatan, rembuk stunting, Perbup Kewenangan Desa, Pembinaan Kader Pembangunan Masyarakat, manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting, serta review kinerja tahunan.

Tim Penilai kinerja stunting Provinsi Gorontalo ini juga melakukan peninjauan terkait dengan pengimplementasian delapan pilar oleh unsur terkait di lokasi yang sudah ditetapkan menjadi lokus stanting.

Adapun 8 pilar tersebut terdiri dari lima pilar STBM dan tiga pilar pencegahan stunting.

Untuk lima pilar STBM, antar lain tidak membuang air besar sembarangan (Stop BABS), cuci tangan pakai sabun (CTPS), mengelola air minum dan makanan dengan aman, mengelola sampah dengan aman dan mengelola limba cair rumah tangga dengan aman.

Sedangkan tiga pilar pencegahan stunting, terdiri dari gizi ibu hamil, pemberian makanan tambahan bayi dan anak (PMBA) dan pemantauan pertumbuhan.

Hadir dalam penilaian tersebut, unsur tim panelis penilai kinerja stunting Provinsi Gorontalo terdiri dari unsur. Badan Perencanaan, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial BKKBN, TP-PKK.

Didampinggi dari OPD terkait Kabupaten Gorontalo dan Tim Pokja Stunting Kabupaten Gorontalo, Camat bersama Lurah/Kades yang menjadi lokus stunting. (**/rf)



iklan cakades
Bagikan ke media sosial