Diskominfotik Gorontalo Diminta Awasi Aktivitas Kampanye Pemilu di Platform Digital

Avatar
apat koordinasi persiapan pelaksanaan kampanye Pemilihan Umum Tahun 2024 bersama peserta pemilu dan stakeholder terkait, di Hotel Citimall Gorontalo, (24/11/2023). (Foto: Diskominfotik)

DAILYPOST.ID , Kota Gorontalo- Dalam mempersiapkan penyelenggaraan Pemilihan Umum tahun 2024, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo, Hendrik Imran, mengungkapkan pentingnya peran Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) dalam mengawasi kampanye melalui media sosial. Hal ini disampaikan pada rapat koordinasi yang digelar di Hotel Citimall Gorontalo pada Jumat (24/11/2023).

Menurut Hendrik, salah satu strategi kampanye yang digunakan adalah melalui media sosial dengan setiap peserta diperbolehkan menggunakan hingga 20 akun di berbagai platform seperti Facebook dan Instagram. Namun, hal ini juga memiliki implikasi yang perlu diperhatikan baik sebelum maupun sesudah masa kampanye.

Masa kampanye yang dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 28 November hingga 10 Januari 2023 mengharuskan Diskominfotik untuk aktif memantau akun resmi peserta yang telah diserahkan kepada KPU. Mereka juga bertanggung jawab untuk menonaktifkan akun-akun tersebut saat memasuki masa tenang sesuai ketentuan yang ada.

Baca Juga:   Forkopimda Asahan Tinjau Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 di Kecamatan Simpang Empat

PKPU Nomor 15 Tahun 2023 yang mengatur tentang kampanye pemilu menyebutkan bahwa setiap peserta kampanye diperbolehkan membuat hingga 20 akun untuk setiap jenis aplikasi. Konten yang diposting pun harus memuat informasi terkait visi, misi, program, atau citra dari peserta pemilu.

“Kami meminta dinas terkait dapat memantau sekaligus menutup akun agar tidak menimbulkan masalah saat memasuki masa tenang, karena pada masa tenang ini tidak ada lagi kampanye yang dilakukan di media sosial,” kata Hendrik.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Gorontalo, Rifli Katili, menyatakan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan pemilu yang damai. Diskominfotik juga memiliki peran melalui Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) untuk memberikan himbauan terkait pemilu.

Baca Juga:   Prof. Rauf Hatu: Hamim Pou Punya Peluang Besar di Sulut

Rifli menjelaskan bahwa Kementerian Kominfo bersama Dinas Kominfo telah menggelar forum resmi dengan beberapa platform digital. Upaya ini bertujuan untuk mengawasi jalannya kampanye melalui media sosial secara nasional dan mencegah penyebaran informasi yang bersifat hoax atau propaganda negatif antarpartai politik.

“Kurang lebih ada delapan platform digital didorong untuk membuat posko terpusat secara nasional. Tujuannya tentu untuk ikut mengawasi jalannya kampanye melalui media sosial dan juga meminimalisir penyebaran informasi yang bersifat hoax agar platform ini tidak disalahgunakan untuk menyebarkan propaganda negatif sesama parpol,” jelas Rifli.

Baca Juga:   Perubahan Jadwal Pemungutan Suara Pemilu 2024 di Jeddah, Arab Saudi

(*)

 

Bagikan ke:   
headset gaming kuping kucing Dijual Lahan Perumahan Gorontalo
FOLLOW US ON FACEBOOK
FOLLOW US ON INSTAGRAM
@official.dailypost.id
  • Waw! Viral tiktokers Gorontalo ini sebut Kalau Berteman Sesuai HP, Kalau Android Minggir Wir!

#gorontaloviral #gorontalonews #gorontalotiktok #dailypostid #viral
  • Wah! Kerjaan siapa nih?

#viralreels #pemilu2024 #dailypostid
  • Kalian percaya gak?

#ganjarpranowo #ganjar #quickcount #dailypostid #pemilu2024
  • Kenapa bawa gunting ke TPS? 🤣🤣🤣

#ngakak #lucu #viralreels #dailypostid #mediadanhiburan
  • Film Dirty Vote rilis di masa tenang Pemilu 2024, Ini Film Dokumenter Kontroversial atau Propaganda?

Apapun pendapatmu, tonton dulu sampai habis ya dailynetz.

#dirtyvote #reelsviral #beritaviral #dailypostid
  • Ayo siapa yang mau digendong Mayor Teddy? eitss.. tapi harus izin dulu ke ybs ya gaes..

#mayorteddy #viralreels #videoviral
  • Selengkapnya:

https://dailypost.id/news/menggelegar-di-telaga-fory-naway-minta-setengah-cinta-dan-dukungan-penuh-masyarakat/

#dailypostid #gorontalonews #forynaway
  • Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024

#HPN2024 #HPN #dailypostid
  • Momen sakral pernikahan pasangan pengantin tuna rungu berasal dari Gorontalo yang melangsungkan ijab kabul dengan memakai Bahasa Isyarat.

#gorontalonews #viralreels #reelsnews #dailypostid
Waw! Viral tiktokers Gorontalo ini sebut Kalau Berteman Sesuai HP, Kalau Android Minggir Wir! #gorontaloviral #gorontalonews #gorontalotiktok #dailypostid #viral
1 minggu ago
View on Instagram |
1/9
Wah! Kerjaan siapa nih? #viralreels #pemilu2024 #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
2/9
Kalian percaya gak? #ganjarpranowo #ganjar #quickcount #dailypostid #pemilu2024
2 minggu ago
View on Instagram |
3/9
Kenapa bawa gunting ke TPS? 🤣🤣🤣 #ngakak #lucu #viralreels #dailypostid #mediadanhiburan
2 minggu ago
View on Instagram |
4/9
Film Dirty Vote rilis di masa tenang Pemilu 2024, Ini Film Dokumenter Kontroversial atau Propaganda? Apapun pendapatmu, tonton dulu sampai habis ya dailynetz. #dirtyvote #reelsviral #beritaviral #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
5/9
Ayo siapa yang mau digendong Mayor Teddy? eitss.. tapi harus izin dulu ke ybs ya gaes.. #mayorteddy #viralreels #videoviral
2 minggu ago
View on Instagram |
6/9
Selengkapnya: https://dailypost.id/news/menggelegar-di-telaga-fory-naway-minta-setengah-cinta-dan-dukungan-penuh-masyarakat/ #dailypostid #gorontalonews #forynaway
2 minggu ago
View on Instagram |
7/9
Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024

#HPN2024 #HPN #dailypostid
Selamat Hari Pers Nasional | 09 Februari 2024 #HPN2024 #HPN #dailypostid
2 minggu ago
View on Instagram |
8/9
Momen sakral pernikahan pasangan pengantin tuna rungu berasal dari Gorontalo yang melangsungkan ijab kabul dengan memakai Bahasa Isyarat. #gorontalonews #viralreels #reelsnews #dailypostid
3 minggu ago
View on Instagram |
9/9

FOLLOW US ON TIKTOK
@dailypost.id
media online gorontalo
ekakraf multimedia