Sekda Ridwan Harap Pola Agroforestry Efektif Lestarikan Hutan dan Minimalisir Longsor di Gorut

DAILYPOST.ID, Gorut – Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), Ridwan Yasin membuka sosialisasi rehabilitasi hutan dan lahan pola agroforestry tingkat Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) .

Kegiatan berlangsung di Aula Tinepo kantor Bupati Gorontalo Utara, Rabu (3/3/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh beberapa pihak terkait yang dipercayakan menjadi pemateri, seperti Kejaksaan, Polres Gorut, BPDAS serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya, Sekda Ridwan berharap, kegiatan ini bisa melahirkan sebuah gagasan lewat sumbangsih pikiran yang dipaparkan pemateri.

“Pada kegiatan ini kiranya dapat memberikan sumbang pikiran kepada kita semua, agar bagaimana melakukan rehabilitasi hutan dan lahan yang dalam bentuk pola agroforestry. Apa itu agroforestry? Sebagaimana kami ketahui, agrororestry adalah pengelolaan sumber daya untuk memadukan kegiatan pengelolaan pohon dan kayu-kayuan. Ini mungkin sifatnya penanaman,” ungkap Sekda.

Ia juga menjelaskan, pola agroforestry sangat penting diterapkan di Gorut, mengingat banyaknya lahan yang tandus.

“Untuk melestarikan hutan yang ada yang 29% sebagaimana data yang ada di Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi, bahwa Gorut termasuk Kabupaten yang lahannya banyak yang tandus. Apalagi kita kabupaten pegunungan, sehingga rawan longsor bahkan bencana,” ucapnya.

Tak hanya itu, sebagai kabupaten yang rawan bencana, maka rehabilitasi hutan dan lahan dengan pola tersebut diharapkan bisa bermanfaat.

Panglima ASN ini berharap, sosialisasi tersebut dapat menciptakan rekomendasi terkait pelestarian lingkungan. (daily25/Ulfa)

Bagaimana Tanggapan Anda?
+1
0
+1
0
+1
0
media online gorontalo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.